Cara Install dan Setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis


Cara Install dan setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Pada artikel Kloxo-MR Control Panel Webserver Hosting Apache Nginx Gratis, sudah kita bahas kalau Kloxo-MR mempunyai banyak fitur dibanding dengan Kloxo Official. Selain gratis alis gak berbayar, Kloxo-MR ini mirip dengan control panel berbayar seperti cpanel,  Plesk Panel, DirectAdmin.

Kloxo-MR jika dibanding dengan Kloxo official, mempunyai fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah konfigurasinya. Di fitur webserver tersedia pilihan apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di fitur php branch tersedia pilihan php53, php53u hingga php54. Sedangkan di php type terdapat pilihan mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya, serta terdapat opsi dual-php. Dengan adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan user Kloxo-MR bisa melakukan konfigurasi yang jauh labih efisien dan lebih canggih.

Cara Install dan setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Sekarang marilah kita bahas cara instalasi dari Kloxo-MR ini. Pertama-tama yang kita butuhkan adalah VPS dengan virtualisasi OpenVZ atau XEN yang memakai sistem operasi Centos 5 32/64 bit atau Centos 6 32/64 bit. Untuk virtualisasi VPS dianjurkan memakai XEN-PV karena mempunyai harga yang lebih murah dibanding KVM. Pemakaian virtualisasi OpenVZ mempunyai kelemahan tidak bisanya clear cache (sync; echo 3 > /proc/sys/vm/drop_caches)

Cara Install dan Setting Kloxo MR Webserver Hosting Gratis

Hal yang kedua kita butuhkan adalah software ssh client. Disini kita bisa menggunakan putty atau saya menganjurkan menggunakan alternatif lain yaitu Bitvise SSH Client (Tunnelier) karena mempunyai tampilan yang lebih user friendly dibanding putty.

Cara Install Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Cara Install Kloxo-MR adalah sebagai berikut :

Pada Bitvise SSH Client (Tunnelier) – login, isi server host dengan IP Address utama VPS kita., di server port isi 22 (default), username isi root, initial method pilih password, password isi dengan password saat pendaftaran atau kita bisa merubahnya melalui VPS control panel seperti SolusVM. Lakukan login dan jika ada authentication langsung saja di save.

Untuk fresh install lakukan perintah :

cd /
# update centos to latest version
yum update -y
# install some packages like package-cleanup, etc
yum install yum-utils yum-priorities vim-minimal subversion curl zip unzip telnet wget -y
setenforce 0
echo 'SELINUX=disabled' > /etc/selinux/config

Setelah itu lakukan perintah untuk install/ reinstall/ upgrade yang mana perintah ini tidak akan menghapus data Kloxo/ Kloxo-MR sebelumnya. Untuk kloxo (6.1.x), jalankan dulu perintah ‘sh /script/update’ lebih dulu sebelum perintah ini.

# remove old script and go to
cd /tmp
rm -rf /tmp/kloxo; mkdir /tmp/kloxo
rm -f ./kloxo-mr-dev.sh
# get kloxo packer from github
wget http://github.com/mustafaramadhan/kloxo/raw/dev/kloxo/install/kloxo-mr-dev.sh --no-check-certificate
# install kloxo
sh ./kloxo-mr-dev.sh

Ikuti perintah saat instalasi sampai selesai dan bila perlu lakukan reboot. Jika instalasi Kloxo_MR ini selesai, buka Kloxo-MR di browser dengan menggunakan url http://ip-address-anda:7778 dengan username password admin:admin.

Cara Setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis

Pada saat pertama kali masuk Kloxo-MR, kita diharuskan untuk mengganti password default kita. Setelah itu lakukan setting seperti pembuatan DNS templates, Add domain dan Set default Domain. Jika ada notifikasi seperti Lxguard, SSH Config dan lainnya silahkan setting sesuai kebutuhan.

Cara Install dan Setting Kloxo MR Webserver Hosting Gratis

Default Kloxo-MR menggunakan apache, DNS: bind, Spam: bogofilter, dengan webserver config – Php Branch: php_(as_5.3.21), Php Type: php_mod_ruid2, Mysql: myisam. Kita bisa merubah itu semua dengan mudah sesuai dengan keinginan kita.

Baca juga artikel :

Demikian sedikit ulasan tentang Cara Install dan Setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis


Post Update :
Date : Friday, July 25, 2014 - Jumat, 25 Juli 2014
Posted in: webserver



Related posts "Cara Install dan Setting Kloxo-MR Webserver Hosting Gratis":


Post a Comment


4 + = 10