Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan


Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan.

Pada artikel Insto Moist atasi mata merah disebutkan bahwa 15 juta orang Amerika menderita Computer Vision Syndrome (CVS) yaitu suatu gejala pandangan kabur dan tidak fokus, Mata tegang dan lelah, Mata kering dan perih, Sakit kepala akibat penggunaan komputer yang berlebihan.

Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Computer Vision Syndrome atau CVS ini oleh persatuan dokter mata Amerika, The American Optometric Association (AOA), didefinisikan sebagai masalah mata dan penglihatan yang kompleks yang berhubungan dengan pekerjaan, yang dialami selama atau berhubungan dengan penggunaan komputer. Computer Vision Syndrome biasanya terjadi karena sistem pencahayaan yang salah, kurang berkedip dan juga posisi duduk yang tidak benar.

Gejala Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Jika kita sering bekerja dengan menggunakan komputer, pasti gejala dari Computer Vision Syndrome (CVS) atau gejala pandangan kabur dan tidak fokus, Mata tegang dan lelah, Mata kering dan perih, Sakit kepala akibat penggunaan komputer yang berlebihan ini sering kita alami juga.

Gejala CVS atau Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan ini meliputi :

  1. Mata merah, pedih dan berair
  2. Mata kering atau iritasi
  3. Mata terasa lelah / tegang
  4. Kelopak mata atau dahi terasa berat
  5. Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)
  6. Rasa sakit pada bahu

Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Macam-Macam Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Mata Kering atau Iritasi Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Meskipun berkedip merupakan reflek, kita cenderung untuk berkedip lebih sedikit saat bekerja dengan menggunakan komputer. Dengan semakin sedikitnya berkedip tersebut menyebabkan mata kita jadi kering dan tidak nyaman. Mata kering atau iritasi ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Penglihatan Kabur Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Penglihatan kabur sering terjadi karena gangguan lensa mata (hyperopi, myopi, astigmatism), resep kacamata yang tidak cocok, presbiopi atau gangguan fokus. Tapi penglihatan yang kabur bisa juga sebagai hasil dari layar monitor yang kotor, sudut pandang minim, pantulan cahaya, atau juga sebagai hasil dari layar monitor yang jelek atau rusak. Jadi penglihatan kabur ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Mata Lelah/ tegang Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Mata lelah (eyestrain) ini sebenarnya jauh lebih rumit daripada sekedar kelelahan otot mata, karena otot mata kita jauh lebih kuat dari yang dibutuhkan. Mata lelah bisa disebabkan berbagai kondisi lingkungan dan visual yang berbeda-beda. Monitor komputer berperan banyak pada mata lelah, dan ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Lambat Fokus Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Ketika mata kita sedang fokus pada objek yang dekat untuk jangka waktu yang lama, otot mata beradaptasi pada jarak pandang tersebut. Hal ini membuat stres otot mata, yang membuatnya jadi agak susah rileks. Pada saat mata melihat jauh, objek lainnya muncul sebagai gambar buram ketika berubah dari dekat-ke-jauh atau sebaliknya. Mebaca dan menatap monitor komputer secara berlebihan sering menjadi awal dari gejala lambat fokus ini. Meskipun lambar fokus ini seringnya berupa kondisi sementara, tapi ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Penglihatan Ganda Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Mata kita ada dua. Kedua mata harus berkoordinasi dengan tepat agar kita hanya melihat satu obyek. Ketika sistem koordinasi ini terganggu, misalnya jika bekerja dengan objek yang berjarak amat dekat untuk waktu lama, kita bisa mengalami pandangan ganda. Berhadapan dengan monitor komputer, sering kita lakukan dari jarak dekat, dan penglihatan ganda ini akan terjadi jika kita terlalu lama menatap layar monitor komputer tersebut. Jadi penglihatan ganda ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Sakit Kepala Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Salah satu penyebab sakit kepala adalah sakit mata.  Hal ini juga masalah tersulit untuk didiagnosa dan ditangani secara efektif.

Sakit kepala karena gangguan mata biasanya:

  1. Terjadi di bagian depan kepala (dengan beberapa pengecualian)
  2. Terjadi sering di tengah hari atau sore hari
  3. Tidak terjadi ketika bangun tidur
  4. Tidak menyebabkan ‘aura’ pada pandangan atau cahaya terang
  5. Terjadi dengan pola yang berbeda (atau tidak sama sekali) pada akhir minggu atau sepanjang minggu
  6. Terjadi di satu belahan kepala lebih sering daripada di bagian yang lain

Sakit Leher/ Punggung Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Secara alamiah sistem penglihatan kita sangat dominan, sehingga kita akan selalu berusaha menyesuaikan posisi tubuh untuk mendapatkan penglihatan yang terbaik. Tubuh, leher, punggung, posisinya  akan selalu mengikuti dari mata itu sendiri. Jika mata selalu berusaha untuk mendapat penglihatan yang terbaik, maka hal ini dapat mengakibatkan sakit pada leher atau punggung.Maka sakit leher dan punggung ini merupakan salah satu sakit mata akibat penggunaan komputer berlebihan.

Atasi Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan

Penggunaan komputer yang berlebihan, selain mengalami CVS atau Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan, juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mata tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, antara lain:

  1. Beristirahatlah 10 hingga 15 menit
  2. Lihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik
  3. Stretching atau melakukan latihan mata
  4. Atur pencahayaan dari komputer
  5. Istirahatkan mata selama 1 jam
  6. Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku
  7. Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm dari mata

Dan untuk menjaga dan mengobati mata dari gangguan sakit mata yang sewaktu-waktu bisa kita alami, sebaiknya kita sediakan dan pergunakan obat mata yang berkualitas.

Tapi yang terpenting di sini adalah bagaimana cara kita untuk menghindari Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan.


Post Update :
Date : Thursday, September 18, 2014 - Kamis, 18 September 2014
Posted in: umum
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan":


6 Comments on "Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Ngeping meneh yow :))

    [Reply]

  2. Catatan si Boy says:

    selamat malam sobat, artikelnya sy link ke posting saya ya… kebetulan lagi post ttg sakit mata.. :) berkunjung.. :)

    [Reply]

  3. sakit mata says:

    terima kasih infonya

    [Reply]

  4. vanho says:

    nice thread dude!

    [Reply]

  5. ROY says:

    baguss bro… semuanya sama padaa derita ku selama in kiraiin gw kena santet dari orang/teman yg irii… tpi setelah gw baca artikel ini masuk akal karna hampir tiap hari aku habiskan hari2 dengan menatap layar komputer jadinya dahi ku jadi terasa tebal dan keras dan menggaggu konsentrasi belajar ku disekolah na siksa kak inii nantii saya coba,,,,mooga sembuh bang penyakit gw….

    [Reply]

  6. Ikhwan Noorsetyo says:

    Saya kalo maen kompi 4 jam sehari mas rata-rata, eh baru minggu-minggu ini mata saya kok agak blur/ kayak kamera kalau buat moto hasilnya tidak fokus. Nah kira-kira kalo obat alami yang bagus apa ya? Saya juga sudah mengurangi porsi maen kompi jadi maksimal2 jam sehari. Terimakasih

    [Reply]

Post a Comment


9 + = 11