Pro Kontra Jadwal Puasa Ramadhan 2010


Penetapan Awal Ramadhan 1431 H atau 2010 memang selalu tak lepas dengan pro kontra penggunaan ilmu hisab untuk menentukan itu semua. Ada beberapa pendapat bahwa hisab tidak boleh digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadhan maupun menentukan hari raya, itu merupakan bid’ah. Ada juga pedapat lain yang memperbolehkan penggunaan hisab. Pro kontra ilmu hisab – perhitungan astonomi yang telah kubahas di artikel lalu, keduanya mempunyai alasan (keyakinan) yang sama-sama kuat, baik secara dalil atau secara logika.

Pro Kontra Jadwal Puasa Ramadhan 2010

Kalau kita telusuri lebih dalam, dalam kenyataan, setiap masjid selalu mencantumkan jadwal sholat, apalagi pada bulan Ramadhan ini. Pada bulan Ramadhan selain jadwal sholat selalu tercantum jadwal puasa Ramadhan yang terdapat pula jadwal imsak sebagai warning berakhirnya sahur.

Pro Kontra Jadwal Puasa Ramadhan

Pro Hisab mengatakan :

Ilmu Hisab telah banyak digunakan oleh umat Islam dalam menentukan waktu shalat lima waktu dalam bentuk jadwal sholat abadi yang disusun oleh para ahli hisab. Agama Islam telah menentukan waktu satu persatu dari sholat lima waktu sesuai dengan perubahan Alam yang diakibatkan perjalanan matahari tiap-tiap tahun seperti Sholat subuh ketika terbitnya fajar dll.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan maka para ulama ahli hisab dapat menyesuaikan waktu Shalat dan jadwal puasa Ramadhan dengan jam yang dipakai oleh masyarakat (WIB, WITA,WIT ) guna mempermudah untuk melakukan amalan ibadah sholat lima waktu dan puasa Ramadhan.

Dengan adanya ilmu hisab ini para umat Islam tidak perlu repot-repot melihat matahari (rukyah) ketika akan menentukan waktu sholat tetapi cukup dengan melihat jadwal shalat (hisab) yang telah disusun oleh para ahli ilmu Falak.

Dengan uraian di atas maka sebagian ulama membolehkan penentuan awal bulan dengan menggunkan hisab dengan alasan, keduanya (Puasa dan Shalat) adalah sama-sama waktu ibadah, keduanya (Puasa dan Sholat) juga dihitung dengan ilmu falak yang sama-sama bertujuan untuk mencari persesuaian dengan waktu yang ditentukan oleh syara’

Bagaimana denga kontra hisab ?

Saat ini hampir tidak ada suatu masjid yang menggunakan lingkaran dan tonggak untuk melihat bayangan matahari guna menentukan jadwal sholat. Hampir semua masjid menggunakan jadwal sholat dan jadwal imsak atau jadwal puasa pada bulan Ramadhan menggunakan ilmu hisab. Apa itu merupakan bid’ah ?

Terlepas dari pro kontra hisab dan pro kontra jadwal puasa, penggunaan ilmu hisab memang sangat banyak manfaatnya terutama dalam menentukan gerhana matahari dan gerhana bulan. Ilmu hisab dapat menentukan kapan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan tersebut sehingga umat Islam dapat menjalankan sholat gerhana dengan baik.


Post Update :
Date : Sunday, August 31, 2014 - Minggu, 31 Agustus 2014
Posted in: umum



Related posts "Pro Kontra Jadwal Puasa Ramadhan 2010":


Post a Comment


4 + = 11