Batik Khas Madura Tanjung Bumi


Batik Khas Madura Tanjung Bumi

Ada yang menarik pada Blogilicious 2012 Madura kemarin, yaitu dengan adanya stan batik khas Madura. Batik khas Madura ini juga dikenal dengan Batik Tanjung Bumi. Batik dari Madura ini mempunyai corak yang sedikit berbeda dengan batik-batik daerah lain.

Batik Khas Madura

Batik khas Madura yang berasal dari Tanjung Bumi seperti halnya batik-batik di daerah lain memiliki kekhasan dan keunikannya sendiri. Corak warna dan motifnya ada perbedaan dengan batik daerah lain di Indonesia. Batik Tanjung Bumi yang kemarin mengisi salah satu stand blogilicious 2012 di Bangkalan Madura, mempunyai  bahan dasar yang halus, dan nyaman saat dikenakan.

Batik Khas Madura Tanjung Bumi

Batik Tanjung Bumi ini berasal dari sebuah kampung nelayan di sudut Bangkalan Madura. Untu mencapai wilayah ini lumayan sulit karena akses jalan menuju tempat tersebut lumayan susah. Tapi Tanjung Bumi ini wajib di kunjungi bagi para wisatawan penggemar batik.

Batik Khas Madura Tanjung Bumi

Batik Tanjung bumi ini mempunyai keistimewaan warna yang mencolok. Hal ini merupakan ciri khas masyarakat Madura  yang terkenal pemberani dalam memadukan pilihan warna. Seolah ciri khas masyarakat Madura tertuangkan dalam pembuatan Batik Tanjung Bumi yang menjadi Batik Khas Madura.

Batik Khas Madura, Batik Buatan Istri Nelayan

Batik Khas Madura yang juga terkenal dengan sebutan Batik Tanjung Bumi ini mempunyai seni corak dan motifnya yang menggambarkan aktifitas nelayan serta hewan hewan yang di temui saat melaut. Corak ini menggambarkan kehidupan sebagian warga Tanjung Bumi yang rata-rata seorang nelayan yang handal.

Pembuatan batik tulis Tanjung Bumi yang menjadi Batik Khas Madura ini dikerjakan oleh para perempuan istri seorang nelayan yang disetiap goresannya mengandung makna kesetiaan sang istri terhadap suaminya. Goresan goresan Batik khas Madura Tanjung Bumi tersebut menyimpan kerinduan seorang istri saat di tinggal suaminya melakukan aktifitas pekerjaannya yang menjadi nelayan.

Batik khas Madura ini di kerjakan secara turun temurun oleh masyarakat Tanjung Bumi Madura. Pengejaan pembuatan batik dikerjakan saat mereka senggang dikala menanti sang suami pulang kerja. Oleh karena itu, pembuatan Batik Tanjung Bumi Khas Madura ini memakan waktu yang cukup lama dan sudah tentunya memiliki harga yang mahal juga. Di dalam Batik khas Madura Tanjung bumi ini terkandung doa seorang istri untuk keselamatan sang suami dalam bekerja sebagai nelayan.

Sumber: Beberapa artikel tentang Batik Tanjung Bumi, Batik Khas Madura


Post Update :
Date : Thursday, July 31, 2014 - Kamis, 31 Juli 2014
Posted in: umum



Related posts "Batik Khas Madura Tanjung Bumi":


Post a Comment


+ 3 = 4