ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara


ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara

ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara

ASEAN Para Games adalah ajang olahraga dua tahunan yang diadakan untuk atlet-atlet yang mengalami cacat fisik. ASEAN Para Games diikuti oleh 11 negara yang terletak di Asia Tenggara yaitu Brunei, Filipina, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapora, Timor Leste, Thailand, Vietnam.

ASEAN Para Games dan Paralimpiade

ASEAN Para Games ini mengikuti konsep dari Paralimpiade yang mempertandingan olahraga dengan berbagai nomor untuk atlet yang mengalami cacat fisik, mental dan sensoral yang mempunyai ketidakmampuan dalam mobilitas, cacat karena amputasi, gangguan penglihatan dan mereka yang menderita cerebral palsy.

Kategori cacat pada ASEAN Para Games

Yang dikategorikan cacat pada ASEAN Para Games yaitu:

  • Amputasi :  Atlet yang kehilangan sebagian atau seluruhnya dari salah satu anggota badannya.
  • Cerebral Palsy :  Orang yang menderita kerusakan otak non-progresif, misalnya cerebral palsy, kerusakan otak traumatis, stroke atau masalah serupa yang memengaruhi kontrol ototnya, keseimbangannya atau koordinasinya.
  • Cacat intelektual : Atlet yang mengalami cacat yang signifikan dalam fungsi intelektualnya sehubungan dengan perilaku adaptifnya. Saat ini kategori ini dibekukan.
  • Kursi roda : Bagi semua atlet yang mengalami cacat saraf tulang belakang dan cacat lainnya yang mengharuskan mereka bertanding dengan menggunakan kursi roda. Para atlet ini sekurang-kurangnya harus kehilangan 10 persen dari fungsi kaki mereka.
  • Cacat penglihatan : Para atlet yang mengalami cacat penglihatan dari penglihatan yang sebagian (cukup untuk dinilai buta secara hukum) hingga buta total.
  • Les Autres : bahasa Perancis untuk lain-lain dan mencakup para peserta yang mengalami cacat mobilitas atau kehilangan fungsi fisik lainnya yang tidak tergolong pada salah satu dari kelima kategori lainnya: hambatan pertumbuhan, sklerosis berganda atau cacat sejak lahir pada anggota badannya seperti yang disebabkan oleh thalidomide adalah contoh-contohnya.

Penyelengaraan ASEAN Para Games

ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara

ASEAN Para Games dibawah pengawasan ASEAN Para Sports Federation (APSF). Tuan rumah penyelenggaraan ajang ini sama dengan negara penyelenggara SEA Games.

Lokasi ASEAN Para Games

Tahun Acara Tuan rumah Negara Juara
2001 I Kuala Lumpur ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Malaysia ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Malaysia
2003 II Hanoi ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Vietnam ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Thailand
2005 III Manila ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Filipina ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Thailand
2008 IV Nakhon Ratchasima ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Thailand ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Thailand
2009 V Kuala Lumpur ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Malaysia ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Thailand
2011 VI Solo ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Indonesia
2013 VII Ho Chi Minh ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara Vietnam

ASEAN Para Games ke-1, diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia pada 25 -30 Oktober 2001, merupakan acara awal ASEAN Para Sports Federation (APSF).

ASEAN Para Games ke-2, diselenggarakan di Hanoi Vietnam pada tanggal 19–27 Desember 2003. Pada ASEAN Para Games ini, Timor Leste menjadi anggota yang ke-11

ASEAN Para Games ke-3, diselenggarakan di Manila Philippines pada tanggal 14–20 Desember 2005.

ASEAN Para Games ke-4, diselenggarakan di Nakhon Ratchasima Thailand pada tanggal 20 – 26 Januari 2008.

ASEAN Para Games ke-5, awalnya dijadwalkan diselenggarakan di Laos diadakan di Kuala Lumpur Malaysia pada 15-19 Agustus 2009. Laos yang rencananya menjadi tuan rumah SEA Games 2009, mengundurkan diri dari ASEAN Para games ke-5 karena kesulitan keuangan dan kurang pengalaman dalam memberikan dukungan yang diperlukan untuk atlet penyandang cacat.

ASEAN Para Games ke-6, diselenggarakan di Solo Indonesia pada tanggal 12-22 Desember 2011

Demikian ulasan singkat tentang ASEAN Para Games


Post Update :
Date : Friday, August 22, 2014 - Jumat, 22 Agustus 2014
Posted in: umum



Related posts "ASEAN Para Games: Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara":


Post a Comment


8 − 7 =