Arti, Kisah, Cerita dari Eclipse


Arti, Kisah, Cerita dari EclipseBeberapa hari / minggu lalu Eclipse menjadi pembicaraan hangat di USA, sampai-sampai keyword eclipse menjadi top search yang melejit di USA dan beberapa negara Eropa. Mungkin sebentar lagi keyword ini akan menjadi keyword penelusuran yang melejit di Indonesia.

Pasti semua orang sudah tahu apa yang dimaksud dengan eclipse yang menjadi pencarian yang melejit tersebut. Ya, itu merupakan sebuah film yang berjudul The Twilight Saga: Eclipse.

Arti, kisah, Cerita dari Eclipse

Artikel ini sengaja kuberi judul Arti, kisah, Cerita dari Eclipse karena aku ingin membicarakan eclipse secara umum dan santai.

Arti Eclipse

Eclipse kalau dalam bahasa kita yaitu gerhana. Gerhana adalah fenomena astronomi yang terjadi akibat sebuah benda angkasa bergerak ke dalam bayangan sebuah benda angkasa lain. Dan kita di bumi (earth) secara umum mengenal gerhana matahari (solar eclipse) dan gerhana bulan (lunar Eclipse). Gerhana matahari (solar eclipse) terjadi ketika posisi Bulan (moon) terletak di antara Bumi (earth) dan Matahari (sun). Dan gerhana bulan (lunar eclipse) terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang Bulan (moon) tertutup oleh bayangan Bumi (earth).

Kejadian gerhana (eclipse) ini pasti akan terjadi secara berkala karena matahari (sun) dan bulan (moon) mempunyai garis edar yang tidak sama dan kecepatan mengelilingi bumi yang tidak sama pula. Ditambah lagi bumi juga berputar terus menerus pada sumbunya.

Bagi yang ingin belajar tentang gerhana (eclipse) ini, banyak referensi buku dan referensi di internet tentang astronomi / falaq yang dapat kita ambil. Sedangkan untuk Algoritma pemrogramannya kita dapat mengambil Algorithm by Jean Meeus seperti yang kulakukan pada Perhitungan Matahari dan Bulan dengan SunMoon.

Kisah Eclipse

Arti, Kisah, Cerita dari EclipseArti lain dari eclipse yaitu sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak yang dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Eclipse bersifat multi-platform, multi-language, multi-role, dan tentunya gratis dan open source.

Eclipse yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, mempunyai beberapa pendapat yang berbeda dengan Sun Microsystems sebagai perusahaan yang membuat Java. Dua library di Graphical User Interface (GUI) dari Sun Microsystems yaitu Abstract Windowing Toolkit (AWT) dan Swing, tidak dipakai oleh eclipse dan diganti dengan GUI-library yang baru yaitu SWT.

Perseteruan antara Sun Microsystems dan Eclipse semakin memuncak dengan ditolaknya undangan kerja sama Eclipse oleh Sun Microsystems dalam Eclipse Foundation dengan alasan Sun sudah mempunyai IDE sendiri untuk pengembangan Java yang bernama NetBeans.

Dari sinilah, nama Eclipse seolah-olah memberi arti bahwa : pancaran cahaya matahari (sun), dihalang-halangi oleh gerhana (eclipse).

Cerita Eclipse

Arti, Kisah, Cerita dari EclipseSekarang kita kembali ke film. The Twilight Saga: Eclipse diambil dari novel ke-tiga dari Twilight series karangan Stephenie Meyer. Dari novel tersebut selanjutnya diangkat menjadi film yang di produseri Bill Bannerman, Marty Bowen, Wyck Godfrey, di-sutradarai David Slade, dan diperankan oleh Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, Dakota Fanning, Bryce Dallas Howard.

Cerita dari film The Twilight Saga: Eclipse adalah sebagai berikut :

Cinta segitiga antara Bella (Kristen Stewart), Jacob (Taylor Lautner), dan Edward (Robert Pattinson) kembali menghiasi seri ketiga dari Twilight Saga ini. Edward yang ingin menikahi Bella sedikit mendapat ancaman dari Jacob yang tak pernah berhenti mencintai Bella.

Jacob yang keturunan werewolf ini yakin bahwa meski Bella telah memilih Edward sang vampire, sedikitnya Bella masih punya rasa cinta terhadap dirinya.

Bella, yang telah dilamar dan menerima lamaran Edward, ternyata masih menyimpan rasa cinta terhadap Jacob. Jacob juga rela berkorban untuk Bella, dengan menghalangi wanita yang dicintainya itu untuk menjadi vampire.

Di sisi lain, Victoria (Bryce Dallas Howard), vampire yang dendam terhadap Bella pun berkeliaran di Forks untuk mencari celah membunuh Bella. Dengan memanfaatkan seorang pemuda asal Forks bernama Riley (Xavier Samuel) untuk membentuk pasukan “vampire baru”. Misinya adalah membunuh Bella beserta keluarga Cullen lainnya.

Untuk menghadapi masalah ini, keluarga Cullen beserta pasukan werewolf  teman-teman Jacob bersatu melawan kumpulan vampir yang jumlahnya tak sedikit.

Karena punya pengalaman melatih vampir baru di masa lalu, Jasper (Jackson Rathbone) dipilih menjadi pimpinan pasukan vampir serta melatih mereka dan para werewolf untuk menghadapi pasukan vampir baru pimpinan Riley dan Victoria.

Namun, Cullen mencurigai siapa dalang sebenarnya di balik semua ini. Apakah kelompok vampir Volturi yang merencanakan ini semua?

Sementara Bella mulai dilema ketika melihat kegigihan serta pengorbanan Jacob untuk menarik hatinya, dan Edward pun sadar akan perasaan Bella terhadap Jacob.

Mampukah keluarga Cullen beserta Jacob cs mengalahkan pasukan vampir baru pimpinan Victoria dan Riley? Siapakah yang Bella pilih untuk menjadi pasangan hidupnya?

Demikian artikelku tentang Arti, Kisah, Cerita dari Eclipse dan semoga menjadi ulasan yang lain dari pada yang lain….


Post Update :
Date : Wednesday, October 1, 2014 - Rabu, 1 Oktober 2014
Posted in: umum
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Arti, Kisah, Cerita dari Eclipse":


1 Comment on "Arti, Kisah, Cerita dari Eclipse"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. securesh says:

    wah kayaknya seru :D

    [Reply]

Post a Comment


3 + 5 =