Penemuan Planet Baru Yang Sama Dengan Bumi


Penemuan Planet Baru Yang Sama Dengan Bumi

Sejumlah ahli astronomi dari University of Hertfordshire yang dipimpin oleh Mikko Tuomy berhasil menemukan planet yang mungkin memiliki kondisi seperti Bumi, yang berarti juga mungkin terdapat kehidupan di planet tersebut (exoplanet).

ANALISIS EXOPLANET, PLANET SAMA DENGAN BUMI

Penemuan tersebut diperoleh setelah Mikko dan para anggota tim peneliti tersebut melakukan lebih dari 6.000 kali pengamatan kearah bintang Tau Ceti. Dengan menggunakan metode analisa yang disebut dengan istilah Bayesian Analysis Methods, mereka mendapatkan kesimpulan bahwa bintang Tau Ceti memiliki 5 planet yang mengorbit di sekeliling bintang tersebut dengan jarak lebih dekat dari pada jarak orbit Mars ke Matahari.

Penemuan Planet Baru Yang Sama Dengan Bumi

Bintang Tau Ceti merupakan bintang terdekat ke Matahari diurutan keduapuluh, dengan jarak kira-kira 11,9 tahun cahaya dari Matahari. Tau Ceti tergolong dalam bintang kelas G, dengan massa sebesar 0,78 dari massa Matahari, dan luminosity lebih kurang separuh dari Matahari. Diperkirakan usia bintang ini satu milyar tahun lebih tua dari pada Matahari. Dan kondisinya sangat stabil, lebih stabil daripada Matahari.

Berdasarkan daari penelitian Mikko dan kawan-kawan, diperoleh data sebagai berikut :

Planet

Radius Orbit

Periode Orbit

Massa dibanding Bumi

Tc b

0,105

14 hari

2,0 kali

Tc c

0,195

35 hari

3,1 kali

Tc d

0,374

94 hari

3,6 kali

Tc e

0,552

168 hari

4,3 kali

Tc f

1,35

642 hari

6,6 kali

Kelima planet tersebut memiliki orbit membentuk lingkaran hampir sempurna mengelilingi bintang Tau Ceti.

Sementara itu Laboratorium Penenelitian Planet Berhabitat (LPPB) di Puerto Rico menambahkan catatan bahwa kemungkinan planet Tc e dan Tc f memiliki kehidupan mengingat lapisan atmosfir dikedua planet tersebut diperkirakan tidak terlalu tebal sehingga memungkinkan kedua planet tersebut lebih hangat daripada semestinya. Dengan kehangatan tersebut memungkinkan unsur air yang ada tidak akan membeku sehingga bisa menjadi pendukung kehidupan. Karena dimana ada air (H2O), maka kemungkinan pula di situ terdapat oksigen (O2).

Penemuan Planet Baru Yang Sama Dengan Bumi

 


Post Update :
Date : Saturday, July 12, 2014 - Sabtu, 12 Juli 2014
Posted in: Techno



Related posts "Penemuan Planet Baru Yang Sama Dengan Bumi":


Post a Comment


+ 1 = 5