Kisah dan Asal Usul WikiLeaks


Kisah dan Asal Usul WikiLeaks

Kisah dan Asal Usul WikiLeaks

Asal Usul WikiLeaks

Wikileaks adalah organisasi internasional yang bermarkas di Swedia. Situs Wikileaks menerbitkan dokumen-dokumen rahasia sambil menjaga kerahasiaan sumber-sumbernya. Situs tersebut diluncurkan pada tahun 2006. Saat ini alamat situs telah dialihkan ke http://www.wikileaks.ch untuk alasan keamanan.

Organisasi Wikileaks ini didirikan oleh disiden politik Cina, dan juga jurnalis, matematikawan, dan teknolog dari Amerika Serikat, Taiwan, Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Artikel koran dan majalah The New Yorker mendeskripsikan Julian Assange, seorang jurnalis dan aktivis internet Australia, sebagai direktur Wikileaks. Situs Wikileaks menggunakan mesin MediaWiki.

Kisah WikiLeaks

WikiLeaks telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk New Media Award dari majalah Economist untuk tahun 2008.

Pada bulan Juni 2009, WikiLeaks dan Julian Assange memenangkan UK Media Award dari Amnesty International (kategori New Media) untuk publikasi tahun 2008 berjudul Kenya: The Cry of Blood – Extra Judicial Killings and Disappearances, sebuah laporan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Kenya tentang pembunuhan oleh polisi di Kenya.

Pada bulan Mei 2010, New York Daily News menempatkan WikiLeaks pada peringkat pertama dalam “situs yang benar-benar bisa mengubah berita“.

Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi karena pembocoran dokumen Perang Afganistan. Selanjutnya, pada Oktober 2010, hampir 400.000 dokumen Perang Irak dibocorkan oleh situs ini.

Pada November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat.

[sumber : wikipedia.org]


Post Update :
Date : Thursday, August 21, 2014 - Kamis, 21 Agustus 2014
Posted in: Techno



Related posts "Kisah dan Asal Usul WikiLeaks":


1 Comment on "Kisah dan Asal Usul WikiLeaks"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Budi Murjiyanto says:

    Lumayan bagus infonya nihh

    makasih mas

    [Reply]

Post a Comment


+ 6 = 14