BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry


BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry

Aplikasi BlackBerry Messenger atau BBM selama ini selalu menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya tersedia di smartphone BlackBerry. Tapi sebentar lagi eksklusivitas tersebut akan segera hilang begitu BlackBerry merilis aplikasi BBM untuk iOS dan BBM untuk Android pada pertengahan 2013 mendatang melalui toko aplikasi tiap-tiap platform.

BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry

Langkah mengejutkan yang diambil oleh pihak BlackBerry ini, bisa dibilang “pernyataan percaya diri”. Pihak BlackBerry berharap dengan diberlakukannya BBM cross platform ini bisa memperluas basis pelanggan BBM dan memonetisasi aplikasi tersebut.

BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry

Dengan adanya BBM for Android dan BBM for iOS ini nantinya para pengguna BlackBerry beralih dengan bebas ke iPhone ataupun ponsel Android karena tak lagi terikat dengan eksklusivitas BBM. Banyak pendapat mengatakan kalau keputusan keputusan yang diambil pihak BlackBerry ini berpotensi menjadi bumerang bagi handset BlackBerry itu sendiri. Kini timbul suatu pertanyaan “Apa alasan menggunakan perangkat BlackBerry jika aplikasi BBM tersedia di Android dan iOS ?”.

Pada artikel “BBM for Android dan BBM for iOS Pakai PIN ?” sudah kusinggung beberapa metode yang nantinya akan diterapkan oleh BlackBerry untuk mengganti PIN. Dan juga di artikel “Daftar BBM untuk Android dan iOS, BBM Android & BBM iOS” disebutkan bahwa saat ini dibuka pendaftaran BBM for Android dan BBM for iOS dengan cara memasukkan email yang mana jika nantinya aplikasi BBM for Android dan BBM for iOS ini sudah tersedia akan ada notifikasi ke email tersebut.

Dari kedua artikel tersebut maka alternatif yang akan diambil pihak BlackBerry adalah menerapkan metode email sebagai pengganti PIN di BBM for Android dan BBM for iOS. Email yang digunakan daftar di BBM for Android atau BBM for iOS adalah email yang sama saat pengguna BBM di BlackBerry mendaftar atau email sama seperti akun BlackBerry. Dengan penerapan ini maka pengguna BBM for Android dan BBM for iOS harus mempunyai perangkat BlackBerry.

Lalu bagaimana dengan kontak PIN BBM BlackBerry bisa beralih ke BBM for Android dan BBM for iOS ? Pasti pertanyaan ini akan timbul. Tapi ini merupakan hal yang tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Kita ambil contoh aplikasi Wechat yang bisa beralih ke mode PC (Web WeChat) dengan melakukan transfer kontak melalui QR Code.

Biarpun mungkin terkesan agak berbahaya, keputusan yang diambil oleh pihak BlackBerry ini bisa dikatakan untuk mencegah pengguna BlackBerry beralih ke lain hati. Keberadaan BBM di iPhone dan Android bisa mendongkrak popularitas layanan chatting BBM sekaligus memberi jaringan kontak yang lebih luas bagi pengguna BBM di BlackBerry.

Mengapa Baru Sekarang Muncul BBM for Android dan BBM for iOS

Mau gak mau keputusan pihak BlackBerry untuk meluncurkan BBM for Android dan BBM for iOS ini terkesan tergesa-gesa. Keputusan ini bisa diakibatkan menurunnya basis pelanggan BlackBerry bahkan saat ini Windows Phone Ungguli BlackBerry Secara Global di Q1 2013. Dan ditambah lagi tersudutnya aplikasi BBM BlackBerry oleh aplikasi chatting antar platform seperti WhatsApp, WeChat, KakaoTalk, Line yang semakin lama semakin besar pelanggannya. Hal ini jika dibiarkan, bisa-bisa BBM tidak ada artinya lagi di masa mendatang. BlackBerry kelihatannya ingin melakukan suatu terobosan berani selagi masih ada waktu untuk memanfaatkan basis pengguna BBM.

Dengan turut hadir di iPhone dan Android, BBM nantinya akan bersaing langsung dengan aplikasi chatting lain, seperti Line, Kakao Talk, ataupun WhatsApp, WeChat yang lebih dulu meraih pengguna di kedua platform tersebut. Apalagi ke empat aplikasi chatting gratis tersebut saat ini sudah meulai menunjukkan laba yang tidak sedikit pula jumlahnya. Pemikiran untuk mudah mengejar ketinggalan dari ke empat aplikasi chatting antar platform tersebut akan mudah dilakukan pihak BlackBerry dengan adanya BBM for Android dan BBM for iOS karena BBM BlackBerry sendiri sudah mempunyai dasar pengguna yang tidak sedikit saat ini.

Menurut penjelasan di dalam blog BlackBerry, BBM for Android dan BBM for iOS pada awalnya hanya akan memiliki fungsi-fungsi dasar seperti multi-chat serta membuat grup BlackBerry hingga 30 kontak dengan pembagian kalender, foto, dan file. Dukungan voice dan video chat rencananya akan ditambahkan ke BBM versi iOS dan Android pada akhir tahun ini.

Kurasa keputusan BlackBerry untuk meluncurkan BBM for Android dan BBM for iOS saat ini sudah tepat. Ini juga berhubungan dengan nasib dan masa depan BlackBerry itu sendiri. BBM sudah saatnya menjadi solusi program chat yang berdiri sendiri dan dapat diterima oleh lintas platform !

Nasib BlackBerry dengan BBM for iOS dan BBM for Android


Post Update :
Date : Sunday, July 13, 2014 - Minggu, 13 Juli 2014
Posted in: software



Related posts "BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry":


2 Comments on "BBM for Android dan BBM for iOS Serta Nasib BlackBerry"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. ahmad faza says:

    BBM sudah banyak yang mendarah daging seperti halnya windows jadi akan tetap eksis
    tinggal nunggu tanggal mainya saja :)
    _______________________________
    satu postingan ada di beberapa situs :D
    jan blogger sejati
    salam pak ew

    [Reply]

  2. ariefew says:

    :p

    [Reply]

Post a Comment


8 − = 3