Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MobileShop


Call Center
Silakan hubungi Call Center kami untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang Smart Telecom
881 (bebas pulsa dari kartu Smart)
882 untuk langsung bicara dengan Customer Care Smart (Rp 100/telepon, khusus pelanggan Prabayar)
088 11 22 33 44 (berlaku tariff normal)
Fax : 021-319-00303
E-mail : customercare@smart-telecom.co.id

Bagi pengguna layanan Smart Pasti sudah hafal tulisan di atas itu, terutama call care 882 yang menyediakan percakapan langsung dengan operator secara langsung.

Seperti yang ku bahas di Uji Coba Fitur BREW HP Haier C700 dan ZTE C261, ku ulas tentang fitur BREW yang ditanamkan pada HP Haier C700 dan ZTE C261. Di ulasan tersebut di menu BREW terdapat MobileShop – Catalog, yang terdapat isi apapun disana. Tapi mulai tadi pagi di dalam menu tersebut terdapat sub menu baru lagi.

Menu baru dari BREW – MobiletShop – Catalog :

  • BAM Test Apps
    • Test Demo Elapsed Time (free -1 min of use)
    • Test Purchase Numuses ($1 – 10 uses)
    • Test Purchase Expdate ($5 – expires on 6 jun 12)
    • Test Ourchase Unlimited (free – unlimited)
  • Get Fun & Games
    • cmshop_app1
    • cmshop_app2
    • cmshop_app3
  • Get Going
    • Autodisableota  ($5 expires on 23 nov 09)
    • Prevappdeldisable ($5 expires on 23 nov 09)
    • A100K (free expires on 24 okt 09)
    • PAT0011 ($5 – 3 uses)
  • Get Pix & Fix
    • V Cast Music Player ($5 expires on 23 nop 09 – 4,8 mb)

Karena ingin mengetahui fitur baru BREW yang disediakan smart telecom dan juga keinginan lebih jauh untuk mempelajari Brew Distribution System (BDS) dari smart telecom kucoba  satu persatu terutama yang free. Jika menu tersebut kita klik, kita akan langsung terhubung dengan server mereka dan langsung terinstall otomatis.

Dari beberapa kali mencoba aplikasi free, ternyata aplikasi free yang terdapat di MobileShop – Catalog tersebut percobaan yang hanya memberikan tulisan (demo teks) dan tidak ada efek lainnya.

Berhubung di salah satu sub menu MobileShop – Catalog terdapat aplikasi lain yang berbayar seperti V Cast Music Player dengan info $5 expires on 23 nop 09 – 4,8 mb, aku merasa ragu apakah aplikasi tersebut benar-benar launching atau cuma demo teks saja seperti aplikasi yang free. Dan bagaimana tentang proses pemotongan untuk pembelian aplikasi tersebut dan apa benar harganya $5 ?

Karena ingin mengetahui lebih lanjut informasi tersebut, langsung saja kuhubungi 882…

Telpon ke-1 : Si ‘Mbak’ customer care merasa ‘terkejut’ mendengar pertanyaan tentang BREW. Beberapa kali penyebukan kata BREW salah. Karena merasa tidak tahu, aku disuruh menunggu sebentar… kutunggu sampai 15 menit akhirnya telpon tut..tut…tut… putus !! ( putus atau diputus ya ?)

Telpon ke-2 : Si ‘Mbak’ customer care yang ketus, menyuruhku untuk melihat buku panduan… kujawab di panduan tidak ada yang menerangkan itu dan kujelaskan sedikit tentang BREW bla..bla…. Dia jawab bahwa “Kami tidak meneyediakan fasilitas itu…. terima kasih telah menhubungi kami…..” tut…tut…tut…. di putus !!! Wah.. pelayanan yang sangat bangsat bagus tuh…..

Telpon ke-3 : Si ‘Mas’ customer care yang sedikit tahu atau pura-pura tahu, menerangkan bahwa aplikasi BREW tersebut seolah-olah seperti aplikasi J2ME. Semua aplikasi tergantung dari memory kita, kita harus download dulu lewat browser (dalam hal ini opera mini)…bla….bala…. salah kaprah deh…..

Tiga kali telponku ke 882 mendapat jawaban yang tidak memuaskan… dengan sedikit jengkel ku posting saja permasalahan ini di website dan sekaligus kulayangkan email ke customercare@smart-telecom.co.id yang isinya hampir sama dengan ini….

Kita nantikan saja apa nantinya jawaban dari customercare@smart-telecom.co.id….

update :
===========================================
Jawaban email dari customercare@smart-telecom.co.id
===========================================

From: Customer Care
Subject: RE: Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MarketShop
To: “Arief EW”
Date: Thursday, September 24, 2009, 4:30 PM

Bapak Arief Yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan E-mail SMART Telecom

Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah Bapak alami sehubungan dengan pelayanan staff Call Center kami. Sehubungan dengan keluhan Bapak Arief tersebut kami akan melakukan klarifikasi mohon kiranya Bapak dapat menginformasikan beberapa data yang kami perlukan seperti :

- nomor yang digunakan pada saat menghubungi ke 882
- waktu ketika menghubungi ke 882
- nama – nama staff call center yang menerima telepon pada saat Bapak menghubungi ke 882
- nomor alternatif yang dapat kami hubungi

Sekali lagi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami juga berterima kasih atas kritik yang Bapak sampaikan yang tentunya akan kami pergunakan sebagai bahan masukan agar kami dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada para pelanggan. Dapat kami informasikan juga untuk aplikasi BREW ini merupakan aplikasi bawaan dari handset Haier C700 dan ZTE C261. Namun untuk Smart sendiri belum mendukung untuk penggunaan aplikasi tersebut.

Apabila Bapak Arief membutuhkan bantuan, informasi lain, atau mempunyai keluhan mengenai produk SMART Telecom, dapat menghubungi kami kembali melalui nomor-nomor di bawah ini

Nomor Smart : 881 ( Untuk informasi produk & layanan umum SMART )
Nomor Smart : 882 ( Untuk berbicara dengan Customer Care Representative )
Nomor lainnya : 08811223344
Fax : 021-31900303
Website : www.smart-telecom.co.id

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Venty Kristin Novita
Customer Care – SMART Telecom

================================================

Dari jawaban yang berhuruf tebal di atas, dapat disimpulkan bahwa Smart belum mendukung aplikasi BREW.

Reply email :

Terima kasih atas jawabannya….. memang hanya itu yang ingin saya ketahui. Ternyata fitur tambahan tersebut akan muncul dan berubah-ubah isinya jika kita set HP kita ke English Language, kalau kita set ke Indonesia, fitur yang ada di BREW – MobileShop – Catalog tidak ada isinya. Ini mungkin bawaan dari chipset Qualcomm yang tertanam di HP tersebut.

Saya sendiri memahami ‘ketidak tahuan’ dari call center anda , karena ini bersifat IT dan teknis. (asal tidak seperti Si Mbak pada telpon no.2 yang menjawab ketus dan memotong pembicaraan pada saat konsumen belum selesai bertanya)

Untuk call center, lebih baiknya sedikit diberi pengetahuan tentang BREW yang bekerja pada level firmware (di chipset handset CDMA buatan Qualcomm ini) dan berbeda dengan J2ME (midlet) yang bekerja dalam virtual machine (KVM).

Hal tersebut perlu dilakukan sebab Smart sendiri sudah mengeluarkan produk HP BREW, dan pengguna akan bertanya “aplikasi / game apa saja yang bisa ditanam di HP ini ?”, “Dimana men download alikasi / game tersebut ?”. Mungkin pengguna tersebut mengira HP BREW tersebut seperti HP J2ME pada umumnya. Atau juga pengguna tersebut membandingkan bundling operator selular lain juga mengeluarkan HP BREW, seperti Bakrie Telecom pada esia hidayah, esia slank, bali phone. Telkom pada bundling Flexi type ZTE C335 dan C339. Bahkan Mobile-8 yang banyak memberikan layanan games lewat b-live pada ponsel bundling kartu Fren dan Hepi seperti ZTE C300, ZTE C330, Haier C2000 dan Motorola W362. Atau juga pengguna tersebut membandingkan dengan HP Motorola yang support BREW dan support J2ME sehingga tidak mengalami masalah pada install aplikasi Java / J2ME pada HP tersebut….


Post Update :
Date : Thursday, July 24, 2014 - Kamis, 24 Juli 2014
Posted in: selular



Related posts "Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MobileShop":


35 Comments on "Customer Care Smart Telecom Tidak Tahu Tentang BREW – MobileShop"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Ken says:

    Terima kasih bapak Arief atas tulisan di blog anda ini, saya Ken pengguna baru SMART ZTE C261 , saya setuju dengan yang bapak kemukakan, saya berulang kali bingung mencari informasi tentang aplikasi/software yang supported pada ZTE C261 ini. Namun sampai saat ini saya belum mendapatkan informasi yang tepat bahkan dari customer service SMART..
    Dapatkah pak Arief membantu saya memberikan informasi mengenai aplikasi2 tambahan apa saja yang dapat diinstal di ZTE C261 SMART ini, terutama yang sanga saya ingin ketahui aplikasi messenger (mungkin seperti ebuddy, yamme dsb)..
    Permasalahan kedua, paket SMART ini tidak memberikan micro SD namun hanya slot nya saja dan saya belum menambahkan micro sd/memory eksternal pada hp saya, saya pernah mencoba melakukan download dengan fitur opera mini yang diberikan, memang berhasil saya download, file download dengan menggunakan opera mini tersebut saya simpan dipilihan yang ada yakni di /shared…Namun setelah download selesai, saya tidak dapat menemukan file yang saya download tadi, saya coba dengan file manager tetapi tidak dapat saya temukan, tetapi phone memory saya (memory internal) berkurang sesuai dengan besar file yang saya download tadi (sebesar 1M).
    Dapatkah pak Arief memberikan informasi/solusi mengenai kedua permasalahan saya di atas. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih..

    [Reply]

    ariefew Reply:

    1. Coba anda baca ulasan tentang BREW di http://www.ariefew.com/handphone/uji-coba-fitur-brew-hp-haier-c700-dan-zte-c261/
    2. Seharusnya anda arahkan download ke folder other saja. File Manager bawaan HP ini tdk bisa buka hidden file. Dan juga tidak terdapat pcsuite utk membantunya. Jika anda menggukanan memory external anda bisa membukannya lewat PC dg cara mensetting HP di pengaturan telepon | mode USB disk.

    [Reply]

  2. reez says:

    makasih infonya…^__^

    [Reply]

  3. yanto says:

    saya pengguna ZTE C261 dah bisa download 6 aplikasi BREW.salah satunya game M2009.dengan sisa memorry internal 3.9MB.Pak Ariff kenapa ya tiba2 memory jd berkurang sendhri menjadi 1.2MB?Selanjutnya saya hapus semua,kenapa memory ga kembali spt sebelum download aplikasi?skrmg tinggal 2.2MB/tanpa aplikasi tambahan.sebelumnya 6.2MB.saya sudah coba explor pake software QPST,tetap ga ktm..mohon pencerahannya,terimakasih

    [Reply]

  4. apriel says:

    saya pengguna zte c261.yang mau saya tanyakan dimana saya dpat mendownload software QPST..besar harapan saya anda mereply..terima kasih

    [Reply]

    ariefew Reply:

    sudah ada yang memberikan linknya… silahkan cari aja……..

    [Reply]

  5. aditya moeslim says:

    salam kenal ,mas saya mau tanya jadi gimana kita bisa nambahin aplikasi ke hp ku(haier c700),satu lagi kalau nge download lewat opera nyimpenya dimana,sebelumnya saya ucapkan terimaksih

    [Reply]

    ariefew Reply:

    java aplikasi tdk bisa….. saved pada opera ada pilihannya sebelumnya…. jika disimpan di memory internal, anda tdk bisa melihatnya sebelum pakai aplikasi QPST

    [Reply]

  6. mohammed farid says:

    pak, saya menggunakan Hp smart Zte c261…

    yang mau saya tanyakan, gimana cara mendonload yang suport ebuddy untuk hp smart?

    saya tunggu balasannya…

    trims…

    [Reply]

    ariefew Reply:

    coba lihat di sini

    [Reply]

  7. dieto33 says:

    Saya jadi tertarik dengan Paket ini….
    Ntar mau beli HP Modem Smart ah….

    [Reply]

  8. ara says:

    sy mw menanyakan,bs atw tidak mendownload software QPST langsung lewat opera mini?
    atau harus disambungkan ke pc?

    [Reply]

    ariefew Reply:

    opera native bisa save ke memory….

    [Reply]

  9. filbert says:

    pak arief, saya mau tanya gimana cara hapus halaman yg sudah disimpan pada opera mini haier c700? soalnya memori internalnya jamdi penuh, padahal gak ada data apa apa.habis .itu, kadang kadang muncul tulisan ABORT DATA, HOLD TO ENTER DLOAD MODE. 10, 9, 8….tegrus, kalo kt tahan tombol pagar, hpnya mati dan gak bisa idup lagi.mohon jawabannya ya

    [Reply]

    ariefew Reply:

    ada software utk itu (semacam pc site) tapi itu bukan utk hp ini (cuma bisa mengenali)

    [Reply]

  10. dimaz says:

    hape haier c700 bisa download game slain bowling n m2009

    [Reply]

  11. dimaz says:

    mas,hape haier c700 bisa download game slain bowling n m2009 ga?trus kn saya download d opera mini n g bs dbka n dihapus.ksh jawabany dunk.plliz

    [Reply]

  12. Dede Pardiana says:

    Salam smart

    Pertama tama saya mengucapkan terima kasih kepada smart karena dengan smart usaha bisnis online saya dapat berjalan.
    Dengan smart bisnis keluarga kami yang sudah berjalan selama hampir 5thn sangat-sangat terbantu, akan tetapi setelah saya berpindah domisili dari tempat kami yang lama semua menjadi tersendat.
    Itu di karenakan ditempat kami yang baru sinyal smart sangat lemah bahkan nyaris tidak ada sinyal sama sekali.
    Untuk itu saya berharap dari pihak smart dapat membantu keluhan saya ini.

    Atas perhatiannya saya ucpkan Terima kasih.

    Semoga smart menjadi yang terdepan

    alamat saya yang baru

    perum.Taman Alamanda 2 Bekasi-timur
    kelurahan: Mustika sari
    kecamatan: Mustika jaya

    [Reply]

  13. hadi says:

    smart modem ce 100 boleh diandalkan tapi kenapa speed kalau dipakai di karangempat Surabaya kok tidak dapat maksimal,juga informasinya tentang paket unlimitednya,saya berharap smart dapat meningkatkan kualitas,agar dapat bersaing dengan yang lainnya.sebelumnya saya ucapkan Terima kasih & mohon perhatiannya.

    [Reply]

  14. hadi says:

    saya pengguna modem smart ce 100,saya punya sedikit masalah dengan modem ce 100,1saya pakai nomor smart dg nomor 0882100233303
    2.saya juca pakai nomor mobi lama dg nomor 0889….
    setelah itu saya ganti dengan nomor mobi yang baru dengan nomor 08891452434.setelah saya masukkan pasword,phon number sudah betul semua ,tapi nomor yang lama masih terbaca terus,pertanyaan saya;bagaimana cara seting nomor baru agar nomor lama tidak terbaca..?aplikasi BREW fungsinya untuk apa…?mohon perhatiannya & saya tunggu jawaban dari smart telcom,ATAS PERHATIANYA TAK LUPA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH & SELAMAT BERJUANG AGAR SMART TELCOM TETAP MAJU TERUS.

    [Reply]

  15. agus p says:

    ditempat saya sinyal smart ada 2 ~3 bar, tetapi kurang lebih tgl 2 maret 2010 sinyal yg 2 ~3 bar tadi jadi rusak. Ada sinyal 2~3 tapi kok untuk panggil cek pulsa saja tdk bisa apalagi untuk browsing, padahal saya bangga dgn smart. Tapi kok ndak bisa diandalkan apa memang begitu servicenya. mohon tanggapannya. Rumah saya di dk poskulon sukabumi cepogo boyolali. 10 km dr BTS

    [Reply]

    ariefew Reply:

    Mungkin di daerah anda ada BTS lain yg “merusak” sinyal tsb…

    [Reply]

    IR Reply:

    Modem Haier C100 yg ku pakai, setiap hbs paket internetnya. Saat pengisian ulang pasti sulit masuknya pulsa dan jg lama bgt konfirmasinya. Skrg utk cek pulsa malah ada jwbn ” Nomor yg anda hub i, tdk terdaftar” sdh seminggu lalu aq isi 2 Voucher @ 50.000,- yg masuk cm 1. Sampai hr ini msh tdk bs cek pulsa. Aq cb daftarkan paket silver tdk ada konfirmasinya jg. Pdhal aq di Sby dkt dgn BTS.

    [Reply]

  16. lufy says:

    permisi saya mau tanya, knp modem hp smart saya yang tipe c700 sudah 3 hari ini tidak bisa konek ke internet, saya tinggal di tlogosari semarang , ,apa memang lagi ada perbaikan di daerah situ apa ini kesalahan saya ??? soalnya sebelum ini modem saya normal tp sejak tgl 21 desember tidak bisa konek ke internet, tp masih bisa untuk internetan lewat hp.
    mohon dibantu !!!!!!1

    [Reply]

  17. iwan says:

    TOLONG YAH INI KONEKSI EVDO GIMANA SI….PAGI SIANG SORE MALEM MASA PUTUS MULU,,,RUGII KALO BGINI….YG BENER AJA DONK,,DAH DARI BULAN KEMAREN MASA BISANYA PAS TENGAH MALEM MENJELANG SUBUH….PARAAAAAAHH!!!!!!!!!!!!!!!!1

    [Reply]

  18. gino says:

    katanya isi pocer 10.000 masa aktip 31 desember 2010 diperpanjang,tapi nyatanya dibisa di pakai, gimana tuu

    [Reply]

  19. irfa says:

    saya pengguna modem smart da lm,dalam minngu ini paketnya di ganti setela sy coba beberapa kali n beli pulsa nyampe dalam minngu ini lbh dari biasa nya tp ga bisa2 n sy coba telpon ke 881 disuruh pke *123*3*5*30*0 sampe sekarang ko ga bisa n sy telp ke 881 lagi sampe skg ko ga diangkat2,apa petugas males ato apa,yang namanya cs tu sampe jam berapun hrs standby?gimana?payahhhhhhhhhhhhhhhh

    [Reply]

  20. daniel says:

    kk gimana sie modem smart ni masa gak bisa buka gemscool paya smart kayeknya aku harus beli modem baru modem smart anjing

    [Reply]

  21. denny says:

    Tolong tanya , saya punya MOBI USB Modem dengan nomoe ESN 06B8l4A5D , nomor mobilenya 08891453026 yang rusak dan kami berikan di Smart Cempaka Mas , tanggal 27/8/2011
    Janji petugas , kami akan di hubungi begitu sudah selesai. Nyatanya sampai saat ini , 9 Okt juga tidak ada informasi yang kami dapatkan .
    Apa memang Smart jual putus ? jadi kalo ada masalah sudah tidak akan ada layanan purna jual.
    Jika memang demikian, jangan claim kalo Smart layanan internet super cepat dong ?!
    Apa petugas di gerai sudah sedemikian cuek , sehingga tidak pernah melaporkan ke kantor pusat , bahwa banyak pelanggan marah di gerai mereka ? Saat itu , bersamaan dg saya complain , ada 3 orang yang juga marah2 ……….

    Mohon tanggapannya

    Denny

    [Reply]

  22. mulyono says:

    smart gw belet banget…ngepet lo smart…katanya ihate slow…ga taunya kaya keong (lelet) kesel 10x

    [Reply]

    nadi Reply:

    coba pake alternatif lainnya mas kaya esia max-d, emang sih gak unlimited tp lumayan drpada smart yg ngakunya unlimited tp sinyalnya gak jelas trus suka nyedotpulsa

    [Reply]

  23. mulyono says:

    Smart Ngepet,Belet….Lelet…Keong

    [Reply]

  24. bekti says:

    kok bisa smart gak tau.
    Sedangkan aplikasi operamini pada samsung pinger smart ada pada brew tersebut.
    Seharusnya jawaban dari smart adalah “semua di lock .

    [Reply]

  25. chusnul says:

    kenapa smart tidak ada garisan/bonusan 10.000 ribu sms lagi ya…?
    saya maniak sms kelas berat. jadi kalau smart tidak da binusan lagi, pengeluaran saya terus menerus akan membludak

    kasihanni lah kami para penguasa..
    kami siswi yang hanya mengandalkan bonusan…

    [Reply]

  26. ahmad sulaiman says:

    sya pngguna bru smart/ sy mmbli hp smart kurang lbih 1 bulan yg lalu, sy cek 1/1 fiturny . saya temukan BREW dan disitu terdapat aplikasi opera mini native. awalnya saya kira hp haier c700 yg saya beli support java . trnyata stlah browsing” n cari tau ap itu brew. trnyata itu layanan aplikasi yg sblumny blum sy ketahui . terima kasih atas postingan bpk arief yg sangat bermanfaat ini. sy jd mgrti ap itu brew. oh y sy mau tanya. hp haier bisa update ke opera mini yg versinya lebih baru apa tidak? yang kedua saya download aplikasi brew dari mobileshop dan trnyata aplikasi trsbut blank stelah d buka. bgaimana cara menghapus aplikasi tsb. atas jawabannya sy ucpkan bnyk trima kasih

    [Reply]

Post a Comment


8 + 7 =