Selamat Idul Fitri 1430 H, Kapan 1 Syawal 1430 H ?



Beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan habis. Tiba saatnya bagi umat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1430 H.

Kapankah 1 Syawal 1430 H ?
1 Syawal 1430 H jatuh pada hari apa ?
Hisab untuk 1 Syawal jatuh pada 20 September 2009 ……..
Rukyat dilakukan pada hari Sabtu 19 September 2009 …….

Berbagai macam pertanyaan di atas mungkin banyak yang menanyakannya. Pada kesempatan ini, kucoba mengulas sedikit tentang hisab (perhitungan) dan falaq (astronomi) bulan dan matahari.

Penanggalan Hijriyah (Islam) menggunakan perhitungan peredaran Bulan (moon, lunar) terhadap Bumi. Sedangkan penanggalan Masehi (Gregorian) menggunakan perhitungan peredaran Matahari terhadap Bumi. Jadi penanggalan keduannya jelas berbeda.

Penentuan tanggal 1 Hijriyah harus mempunyai kriteria konjungsi harus sebelum Magrib, Moonset (Bulan terbit) setelah Sunset (Matahari terbit).

Konjungsi Geosentrik (Ijtima’ atau New Moon), yaitu ketika bujur ekliptika Bulan (Moon Ecliptical Longitude) = bujur Ekliptika Matahari dengan pusat bumi sebagai titik O. New Moon merupakan satu dari empat fase-fase bulan (moon phases)

Pada tanggal 1 Hijriyah ini,  Sunset dan Moonset hampir bersamaan. Hal inilah yang menyebabkan Rukyah sering mengalami kegagalan. Posisi, waktu, lokasi, cuaca sangat mempengaruhi dari rukyah tersebut.

Penentuan tanggal 1 Hijriyah, juga bisa menggunakan ilmu hisab atau perhitungan astronomi. Dikarenakan orbit Bulan dan Matahari, membentuk sudut terhadap katulistiwa dan mempunyai derajat orbit yang berbeda yang kadang kala sejajar sehingga menyebabkan gerhana. Maka dari kejadian kejadian tersebut tercipta ilmu hisab ini. Ilmu hisab modern banyak menganut teori Algoritma yang diambil dari Algorithm by Jean Meeus.

Hisab menggunakan MOONTOOLS for Windows

Dari Algoritma Jean Meeus tersebut coba kubuat perhitungan peredaran Matahari dan Bulan. Program tersebut dapat digunakan untuk menentukan Bulan baru (New Moon) Hijriyah. Program ini jauh dari kesempurnaan, maka ku ikutkan juga source codenya untuk di sempurnakan lagi.

Pada program tersebut, tanggal 1 Syawal 1430H (New Moon 1 Syawal 1430H) jatuh pada 19 September 2009 pukul 01:45:20 WIB (GMT+7). Jadi bulan Ramadhan 1430H mempunyai umur 29 hari 12 jam 44 menit. Dengan posisi Bulan (Moon) terhadap Bumi (Moon Distance) mempunyai jarak 368.174 km

Dikarenakan New Moon 1 Syawal 1430H jatuh pada tanggal 19 September dini hari, maka pada tanggal 18 September 2009 sore hari belum terjadi pergantian bulan. Lalu bagaimana jika ingin menentukan waktu, posisi, arah rukyah pada tanggal 19 September 2009 WIB dan berapa derajat yang di dapat pada sore tersebut ?

Untuk lebih lengkapnya, silahkan download :

DOWNLOAD PROGRAM MOONTOOLS FOR WINDOWS

DOWNLOAD SOURCE CODE MOONTOOLS FOR WINDOWS

Silahkan di simulasi sendiri ….. perbaiki source codenya jika ada kesalahan….

password rar = aew

Selamat Idul Fitri 1430 H

Taqoballahu Minna waminkum, Shiyamanaa Washiyamakum, Kullu ‘Amin Wa Antum Bikhoirin, Waja’alanallahu Waiyyakum, Minal Aidzin wal Faidzin

تقبل الله منا ومنكم صيا منا وصيا مكم من العا أدين والفا أزين

Bagi yang Mudik, hati-hati di jalan


Post Update :
Date : Friday, April 18, 2014 - Jumat, 18 April 2014
Posted in: programming


Related posts "Selamat Idul Fitri 1430 H, Kapan 1 Syawal 1430 H ?":

1 Comment on "Selamat Idul Fitri 1430 H, Kapan 1 Syawal 1430 H ?"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. ariefew says:

    تقبل الله منا ومنكم صيا منا وصيا مكم من العا أدين والفا أزين

    [Reply]

Post a Comment


5 − 4 =