Pencari & Perhitungan Arah Kiblat dengan HP Java


Pada akhir-akhir ini banyak pembicaraan tentang arah kiblat. Banyak sumber yang mengatakan bahwah masjid di Indonesia mempunyai arah kiblat yang salah.

Baru-baru ini, Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan peristiwa penting terjadinya roshdul kiblat. Berdasarkan data hisab Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan terjadi roshdul kiblat kedua pada hari ini, Jumat 16 Juli 2010 sekira pukul 16.26 WIB.

Peristiwa roshdul qiblat ini, akan membantu umat Islam dalam meluruskan arah kiblat dengan cara sederhana, karena pada momen ini matahari benar-benar berada di atas Ka’bah sehingga segala sesuatu yang berdiri tegak bayangannya akan menuju kiblat.

Peristiwa roshdul kiblat ini sayangnya hanya terjadi dan ditetapkan pada waktu-waktu tertentu yang misalnya roshdul kiblat pertama pada Mei 2010.

Secara teknik pencarian arah qiblat, GPS dan google earth merupakan alat yang paling baik digunakan. Tapi GPS ini bukanlah alat yang dimiliki oleh semua orang dan penggunaan GPS juga memerlukan keahlian khusus.

Handphone Java merupakan perangkat yang hampir dimiliki oleh semua orang saat ini. Handphone yang ada dipasaran saat ini rata-rata support java atau J2ME. Penggunaan HP Java untuk pencarian dan perhitungan arah qiblat merupakan salah satu alternatif yang paling relevan dibanding dengan alat-alat lain. Dan ditambah lagi dengan sifatnya yang mobile dan selalu dibawa kemana-mana menyebabkan HP Java ini fleksibilitasnya sangat tinggi.

Pencari & Perhitungan Arah Qiblat dengan HP Java

Pembuatan program ini, menggunakan JBuilder dengan antar muka handphone Soner K750i, jadi mungkin akan ada tulisan yang “morat-marit” jika menggunakan HP dg resolusi yang berbeda (seperti yang terjadi padaku sekarang yang pakai Nokia 6210i).

Fitur SunMoon by ariefew antara lain :

  • Tampilan posisi bulan & matahari sekarang
  • Waktu dari Rise, Set, Twilight bulan & matahari hari sekarang
  • Detail matahari yaitu RA, altitude, azimut dari matahari sekarang
  • Detail bulan yaitu RA, altitude, azimut dari bulan sekarang
  • Arah Kiblat
  • Waktu sholat

Cara Instalasi SunMoon lihat di sini dan di sini

Aplikasi Java SunMoon menggunakan perhitungan astronomi / falaq dengan acuan matahari dan bulan. Tampilan muka aplikasi ini adalah bentuk lingkarang dengan petunjuk arah utara, selatan, barat, timur. Arah tersebut harus kita sesuaikan dengan posisi matahari / bulan yang berubah-ubah setiap saat. Dari posisi matahari dan bulan yang berubah-ubah itulah kita dapat menentukan arah utara, selatan, barat, timur, atau dengan kata lain bisa dipakai sebagai compass.

Compass SunMoon, akan bekerja dengan benar jika kita melakukan setting lokasi kita berada dengan benar pula. Setting lokasi kita berada dalam aplikasi ini, ada 2 macam cara penyetelan. Pertama dengan menggunakan Airport Code (di dalam file sudah ada) dan setting menggunakan cara manual yaitu dengan memasukkan lintang utara dan lintang selatan posisi kita.

Pencarian Arah Kiblat di aplikasi ini seperti cara pencarian arah utara, selatan, timur, barat di atas. Matahari yang menjadi acuan waktu sholat juga terdapat dalam aplikasi ini.

Keteranganan lengkap program ini bisa dilihat di :

DOWNLOAD >> PENCARI ARAH KIBLAT SUNMOON FOR J2ME

pass rar file : aew

pembuatan aplikasi ini atas dasar aplikasi compass java yang mempunyai fitur yang kurang lengkap terutama untuk aplikasi muslim yaitu jadwal sholat, arah kiblat, bulan baru dll……


Post Update :
Date : Sunday, July 13, 2014 - Minggu, 13 Juli 2014
Posted in: programming



Related posts "Pencari & Perhitungan Arah Kiblat dengan HP Java":


1 Comment on "Pencari & Perhitungan Arah Kiblat dengan HP Java"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Ariel Fans says:

    sebenarnya gak munafik, banyak kok orang kayak ariel, yang doyan wanita, hanya kebetulan dan apes aja, dan mungkin waktunya buat ariel gak lagi hidup aneh aneh, dah waktunya tobat, jadi kebobngkar deh aib, maka dari itu, kita baiknya introspeksi aja deh, biar kagak kayak ariel, jangan suka hujat doang.

    [Reply]

Post a Comment


8 − 1 =