Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya


Perbedaan Level Mikrotik Router OS, harga dan Kemampuannya

Seperti layaknya router lainnya, Mikrotik juga mempunyai level. Tiap-tiap level mempunyai perbedaan kemampuan dan tentunya harga lisensinya juga. Tapi dibanding dengan produk router lainnya, mikrotik mempunyai keunggulan kemampuan sekaligus harganya.

Marilah sekarang kita lihat warnet di sekitar kita, Mikrotik Router type RB700 (RB750, RB750G) menjadi idola untuk menangani routing dan management bandwith dalam sekala kecil. Mikrotik type RB700 yang merupakan routerboard yang dikemas dalam kemasan mungil ini sudah tersedia 5 port ethernet 10/100 dan mempunyai level-4. Dengan harga 400-an ribu rupiah, Mikrotik type ini menjadi router murah dengan kemampuan yang handal.

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, harga dan Kemampuannya

Berbicara masalah perbedaan level di Mikrotik, tentunya tidak lepas dari harga lisensi dan kemampuan yang terdapat di dalamnya. Sekarang marilah kita abaikan dulu berbagai type Mikrotik yang sudah dipaket antara RouterBoard dengan RouterOS yang sudah dimasukkan dalam suatu kemasan produk.

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya

Perbedaan Level Mikrotik Router dan Kemampuannya

Mikrotik Router hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya yang berbeda-beda.

 

Level number 1 (DEMO) 3 (ISP) 4 (WISP) 5 (WISPAP) 6 (Controller)
Wireless Client and Bridge - - yes yes yes
Wireless AP - - - yes yes
Synchronous interfaces - - yes yes yes
EoIP tunnels 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
PPPoE tunnels 1 200 200 500 unlimited
PPTP tunnels 1 200 200 unlimited unlimited
L2TP tunnels 1 200 200 unlimited unlimited
VLAN interfaces 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
P2P firewall rules 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
NAT rules 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
HotSpot active users 1 1 200 500 unlimited
RADIUS client - yes yes yes yes
Queues 1 unlimited unlimited unlimited unlimited
Web proxy - yes yes yes yes
RIP, OSPF, BGP protocols - yes yes yes yes
Upgrade configuration erased on upgrade yes yes yes yes

Mikrotik Level 0

Mikrotik Level 0 ini merupakan trial version dari Mikrotik. Lisensi Mikrotik ini gratis dan tidak membutuhkan lisensi untuk penggunaannya. Tapi di Level 0 ini penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.

Mikrotik Level 1

Mikrotik Level 1 ini merupakan demo version dari Mikrotik. Mikrotik Level 1 ini hanya dapat difungsikan sebagai routing standar  dengan 1 pengaturan. Dengan fungsi yang terbatas itu, Mikrotik Level 1 ini tidak dibatasi dengan limit waktu untuk penggunaannya.

Mikrotik Level 3

Mikrotik Level 3 ini merupakan Mikrotik level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen router ber-interface ethernet. Mikrotik level 3 ini lebih banyak digunakan sebagai CPE/wireless client (Lisensi Level 3CF-CPE), atau point to point. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client.

Mikrotik Level 4

Mikrotik Level 4 ini merupakan Mikrotik level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola wireless client atau serial interface. Mikrotik level 4 inilah yang paling banyak digunakan karena mempunyai harga yang murah. Mikrotik level 3 ini tidak bisa difungsikan sebagai access point dengan multi client dengan 200 user aktif.

Mikrotik Level 5

Mikrotik Level 5 ini merupakan Mikrotik  level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan wireless AP.  Mikrotik level 5 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan 500 user aktif.

Mikrotik Level 6

Mikrotik Level 6 ini merupakan Mikrotik semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.  Mikrotik level 6 ini bisa digunakan sebagai aplikasi hotspot dengan user aktif yang tak terbatas.

Perbedaan Harga Mikrotik Router dan Kemampuannya

Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 4

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 4 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF) (tidak bisa untuk dynamic routing pada Mikrotik versi 2.10), Hotspot Gateway (200 user), Serial Interface, Wireless Client, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 400.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 750.000,-

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 5

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 5 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF), Hotspot Gateway (500 user), Serial Interface, Wireless Access Point, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama, dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 850.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 1.200.000,-

Harga Mikrotik Lisensi RouterOS Level 6

Mikrotik Lisensi RouterOS Level 6 merupakan solusi router dengan kemampuan Firewall, Bandwidth Management, Web Proxy, Secure Tunnel (EoIP, PPPoE, PPTP, L2TP), VLAN, dynamic routing (BGP, RIP, OSPF), Hotspot Gateway (unlimited user), Serial Interface, Wireless Access Point, dan dapat diupgrade selama dalam versi mayor yang sama, dan 1 versi mayor sesudahnya.

Harga Lisensi : Rp. 2.000.000,-
Harga Lisensi dengan DOM : Rp. 2.300.000,-

Semua harga yang tercantum berdasarkan harga yang tertera pada Mikrotik Indonesia


Post Update :
Date : Tuesday, July 29, 2014 - Selasa, 29 Juli 2014
Posted in: network



Related posts "Perbedaan Level Mikrotik Router OS, Harga dan Kemampuannya":


Post a Comment


− 6 = 1