Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager


Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager

BlackBerry merupakan salah satu handphone yang mempunyai sistem operasi (OS) yang biasa kita kenal dengan sebutan ponsel cerdas atau smartphone. Sama seperti pada komputer (Windows OS, MacOS, Linux) dan smartphone lainnya (Symbian, Android, iOS), RIM juga sering melakukan pembaharuan OS untuk berbagai jenis BlackBerry yang ada.

Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager

Pembaharuan atau upgrade OS BlackBerry yang dilakukan RIM dimaksudkan untuk memperbaiki sistem operasi serta meningkatkan kinerja device BlackBerry itu sendiri.

Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager

RIM menyediakan upgrade OS BlackBerry secara gratis yang dapat di-download melalui website official. User BlackBerry dapat mendownload OS dari website RIM dan instal upgrade sendiri secara mudah.

Pengetahuan Sebelum Download dan Upgrade OS BlackBerry

Sebelum melakukan download dan upgrade OS BlackBerry yang cocok dengan device yang kita miliki, hal-hal yang perlu diketahui adalah :

  • RIM menyediakan OS khusus buat setiap device, beda device beda pula OS-nya. Jadi kita wajib memlilih dan men-download OS sesuai dengan jenis, model BlackBerry kita miliki.
  • OS resmi (Official OS) kadang disediakan dengan bundling operator supaya device bisa beroperasi lebih lancar dan juga tersedia menu khusus operator (jika ada).
  • RIM tidak menyediakan setiap upgrade OS untuk semua operator. Tapi kita dapat menggunakan OS terbaru untuk jenis BlackBerry yang sama dari operator lain hanya dengan menghapus satu file di dalam file download yaitu file vendor.xml
  • Setiap OS BlackBerry download link, mempunyai kode link download OS Blackberry yaitu tipe BlackBerry, support bahasa, tipe OS, kode rilis, kode platform, app version dan nama operator.
  • Tidak setiap BlackBerry bisa support OS tertinggi yang dirilis oleh RIM karena device memory tidak mendukung OS yang memerlukan memory tinggi untuk menjalankannya.
  • RIM akan rilis OS yang cocok buat semua jenis BlackBerry. Jika kita tidak menemukan upgrade OS6/OS7 untuk suatu jenis BlackBerry, berarti BlackBerry tersebut memang tidak mendukung untuk OS tersebut.

Cara Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager

Cara upgrade OS BlackBerry yang kita bahas kali ini adalah upgrade Official OS BlackBerry (OS resmi), bukan Leak OS (beta version). Kita bisa mendownload dari operator yang berbeda dengan yang kita pakai saat ini dengan cara menghapus lebih dulufile vendor.xml yang ada di folder OS. Perhatikan juga kode-kode yang ada di OS BlackBerry download Link.

Saat ini beberapa toko BlackBerry menawarkan service upgrade OS versi terbaru dengan harga jasa Rp100.000-Rp250.000. Jika anda kurang yakin untuk upgrade OS BlackBery sendiri, sebaiknya gunakan layanan mereka karena sebelum upgrade OS BlackBerry ini kita perlu mendownload lebih dulu file OS yang lumayan besar juga.

Cara Upgrade OS Blackberry ke OS Terbaru

  1. Instal BlackBerry Desktop Manager ke komputer anda dari CD atau download di website BlackBerry.com/desktop
  2. Download OS BlackBerry terbaru yang sesuai dengan tipe dan jenis di Blackberry Device Download [Baca: Link Download BlackBerry Official OS Firmware]
  3. Install OS BlackBerry hasil download ke komputer dengan cara double-klik file exe OS BlackBerry tersebut. Bila perlu, restart komputer anda.
  4. Hapus vendor.xml di C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
  5. Backup data handheld BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager.
  6. Backup data, koleksi autotext, words substitution dengan aplikasi pihak ke-tiga karena desktop manager tidak dapat backup data tersebut. Semua autotext anda akan hilang jika kita tidak melakukan backup dengan aplikasi Autotext backup for BlackBerry.
  7. Matikan network copot memory card anda (optional)
  8. Wipe handheld (optional hanya untuk hanheld yang sudah bermasalah) di BlackBerry dengan cara option -> security options -> general settings -> pencet tombol menu BB -> wipe handheld.
  9. Buka software desktop manager, colok device BlackBerry anda ke komputer untuk connect ke desktop manager.
  10. Desktop manager otomatis detect untuk synchronize data, dan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade
  11. Kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager.
  12. Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor xml, klik loader.exe
  13. Ikuti petunjuk update atau upgrade OS BlackBerry yang ada
  14. Tunggu sampai benar2 nyala dan booting sampai dengan home screen. Jangan cabut kabel data.
  15. Setelah upgrade OS BlackBerry, kita harus restore backup atau setting kembali time, emails account settings, wifi

Referensi: blackberry.com & berryindo.com

Selamat mencoba sendiri Upgrade OS BlackBerry


Post Update :
Date : Tuesday, July 29, 2014 - Selasa, 29 Juli 2014
Posted in: handphone



Related posts "Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager":


2 Comments on "Upgrade OS BlackBerry Menggunakan Desktop Manager"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. ipan ripai says:

    mas, sya mah nggak kebeli-kebeli black bery teh.. baru kebeli android aja.. ngobrol ya lewat YM dulu.. sekalian mau tanya tanya.

    [Reply]

  2. saa lukman says:

    mas saya upgrade os sendiri tiba2 ditegah perjalana ugrade os coneksi kabel terputus lalu blackberry saya mati ngk mau hidup lagi ,lampu led warnah merah kedap kedip terus .tolong saya apa yang harus saya lakukan..

    [Reply]

Post a Comment


7 + = 10