Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja


Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja

Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja

Suatu siang saat di kantor, aku dipanggil temanku untuk melihat dua ponsel Nokia. Yaitu Nokia N8 dan Nokia N9. Katanya, dia ingin mencoba setting internet ke-dua ponsel Nokia tersebut. Wow… temanku yang gaptek ini sekarang sudah mulai ingin ber-internet ria via ponsel. Padahal sudah berbulan-bulan aku gak berhasil provokasi dia untuk menggunakan Blackberry atau Handphone Android ….

Itulah kisah awal dimana aku merasa tertipu salah pada pandangan pertama tentang ponsel Nokia N8 dan Nokai N9.

Nokia N8 dan Nokia N9 merupakan ponsel Nokia yang menggunakan AMOLED capacitive touchscreen dengan sistem operasi yang berbeda. Nokia N8 menggunakan sistem operasi symbian^3, sedangkan Nokia N9 menggunakan MeeGo OS, v1.2 Harmattan. Jadi, selain body ponsel yang membedakan keduannya, kita harus masuk kedalam untuk melihat menu juga untuk melihat isi dari keduannya.

Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja

Kembali ke ceritaku tadi….

Aku segera menuju ke meja temanku. Dan di sana sudah seorang teman lagi sebagai penjual dua ponsel Nokia. Secara bergantian ponsel Nokia N8 dan N9 kupegang dan kubolak-balik. Di kamera tertulis carl zeiss. Dari depan layar menggunakan touchscreen. Aku sendiri kedua ponsel tersebut memang benar-benar asli sampai aku menanyakan harga kedua ponsel tersebut. Seingatku harga masing-masing ponsel tersebut dibawah 800 ribu. Aku lupa dia menawarkan berapa waktu itu. Tapi harga yang sangat murah tersebut menyebabkanku terheran-heran juga…. Maklum, harga yang terasa sangat murah untuk Nokia N8 dan Nokia N9.

Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja

Ponsel Palsu Nokia

Vonis yang mengatakan bahwa ponsel Nokia palsu yang kuceritakan di atas akan semakin kelihatan jika kita lebih teliti mengoperasikan Nokia N8 dan N9 tersebut. Secara fisik, memang sangat sulit untuk membedakan yang asli dengan yang palsu ini. Apalagi jika kita tidak membandingkannya secara hadap-berhadapan alias face-to-face.

Kejanggalan yang pertama kurasakan pada ponsel palsu Nokia ini, terletak pada layar sentuhnya yang aslinya menggunakan layar kapasitif.  Penulisan di layar sentuh ke kedua ponsel Nokia ini sangat sangat sulit dilakukan. Kalau boleh kubilang layar yang digunakan pada ponsel Nokia palsu tersebut tidak jelas. Kapasitif bukan, resitif juga bukan. Gak tahulah apa namanya … hehehe…

Sedangkan bagi pencinta Nokia terutama Nokia yang menggunakan sistem operasi symbian, Nokia N8 palsu ini akan jelas sekali kelihatan pada saat memasuki menu setting. Seperti ponsel Cina lainnya koneksi internet yang diberikan pada kedua ponsel Nokia ini hanya terbatas pada GPRS saja. Selain itu aplikasi bawaan ponsel, juga serupa tapi tak sama dengan aslinya.

Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak

Sebenarnya kabar tentang ponsel Nokia palsu buatan Cina ini sudah lama marak diperjual belikan secara bebas. Seperti berita di bawah ini yang ku kutip dari www.tempointeraktif.com :

Telepon seluler (ponsel) Nokia buatan Cina marak dijual di daerah Kuningan, Jawa Barat. Harga jualnya sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta. Hingga Senin, 7 November 2011, berbagai tipe ponsel asli tapi palsu itu masih dipajang di sejumlah toko.

Kota kecil Kuningan ternyata jadi lemparan penjualan ponsel bekas merek Nokia mesin buatan Cina, terutama tipe smartphone. Nokia asli tapi palsu ini dijual di berbagai konter bahkan sampai kaki lima.

Sepintas orang tidak akan tahu kalau ponsel itu palsu karena menunya mirip. Jika menekan tanda *#0000# tetap akan keluar tanggal produksi by Nokia. Tetapi jika mendengarkan ring tone-nya akan tahu kalau ponsel itu buatan Cina.

Ciri Nokia bermesin Cina, yakni pada baut terlihat seperti baut biasa, bukan baut hitam model kembang 6 seperti yang dipakai Nokia selama ini. Beberapa fitur memang sama dengan yang asli, namun pada menu musik berbeda dengan Nokia asli. Demikian juga saat pengaturan waktu dan jam dunia akan tahu sama persis dengan ponsel buatan Cina.

Selain itu, ada menu dua kartu, padahal Nokia baru saja mengembangkan dua SIM seri C1-1, C2-2, dan X1-1. Pada layar terlihat bias dibanding layar asli, caranya lihat hasil foto dan layar yang dominan putih.

Pantauan Tempo selama sepekan terakhir, ponsel Nokia aspal ini dijual di beberapa gerai ponsel bekas di Jalan Siliwangi, Kuningan, daerah Cilimus, Ancaran, dan Ciawigebang.

Nokia aspal yang dijual adalah tipe N8, X6, E7, C6, 5530 xpressmusic, dan lainnya. “Nokia buatan Cina banyak dijual di pertokoan ini. Kalau penjual jujur pasti beritahu kalau itu bukan asli,” tutur Didi Supriadi, salah satu pemilik konter.

Menurut Uung, pemilik salah satu konter di daerah Ancaran, konternya pernah menjual N8 buatan Cina dan beberapa orang memperbaiki ponsel sejenis. “Di sini ada yang menjual 4 ponsel Cina harga murah sekitar Rp 300-500 ribu,” ujarnya. Tempo sempat membeli Nokia N8 palsu di konter ini.

Ponsel buatan Cina di kota kecil seperti Kuningan ini marak dengan sasaran masyarakat yang awam dan menginginkan ponsel pintar murah. Mereka tidak tahu mesin aspal, yang penting penampilan. Umumnya, barang baru didatangkan dari Batam, sedangkan barang bekas dari Cirebon, Bandung, dan Jakarta.

Jadi…. Semuanya juga tergantung pada kita sebagai pembeli. Jika kita pingin bergaya tanpa memperhatikan fitur dan fungsi ponsel Nokia N8 dan N9, gak ada larangan untuk membelinya. Tapi jika kita ingin mendapatkan fitur dan fungsi Nokia N8 dan N9 tersebut, janganlah membeli Ponsel Palsu Nokia


Post Update :
Date : Wednesday, July 30, 2014 - Rabu, 30 Juli 2014
Posted in: handphone



Related posts "Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja":


6 Comments on "Ponsel Palsu Nokia Semakin Marak Saja"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Biasanya yang palsu berbasis Java, adalagi yang lebih parah, ponsel berbasis Pasir didalamnya.

    jadi hati-hati kalo beli ponsel ya…

    [Reply]

    ariefew Reply:

    Wah.. aku belum nemu yang seperti itu mas bro

    [Reply]

  2. Amri says:

    Saya juga pernah/bahkan sering om lihat ponsel gitu di pasar klitikan… :)

    memang tampilannya bisa dibilang hampir 100% mirip, tp setelah di pegang dan mulai menyentuh layarnya akan ketahuan kalo di barang cina… :D

    [Reply]

  3. maxup01 says:

    Syukur saya bukan pengguna nokia.. heheehee

    memang samsung nomor 1… walau masih di bawah apple hehe

    [Reply]

  4. dewadewarta says:

    yaa,, mas,, saya punyta hp n9 ,,, tau gak gimana cara nya buka internet,,,kena ini : insufficient memory,,,,,
    padahal saya sudah makai 32gb,,, ada yg tau cara nya dikasih tau,,,yaaaa,,,, cina, cina, cina,,,,,,,,

    [Reply]

  5. zalibuto says:

    saya malah pernah beli dri org lain dengan harga 1juta 300ribu nokia N9 palsu itu, setelah sampai rumah baru sadar kalao itu palsu

    [Reply]

Post a Comment


+ 4 = 10