Perbandingan HTC Desire Vs HTC Desire S Spesifikasi Software


Setelah munculnya HTC Desire beberapa waktu lalu, HTC kembali mengeluarkan beberapa handphone dari varian HTC Desire, seperti HTC Desire HD, HTC Desire Z dan HTC Desire S, yang mempunyai penambahan dan perubahan di spesifikasi hardware, size, software, fitur dan kemampuan dibanding pendahulunya.

HTC Desire S telah dilengkapi dengan prosesor 1 GHz Scorpion yang didukung oleh Adreno 205 GPU, sudah terintegrasi dengan HTC Sense terbaru yaitu HTC Sense UI versi 3.0 yang mempunyai fitur untuk mempermudah penggunaan, sederhana tampilan, inovasi baru serta  pengalaman yang sangat menyenangkan bagi pengguna HTC Desire S.

Berikut ini perbandingan antara HTC Desire vs HTC Desire S – Spesifikasi, Size dan Software.

Size HTC Desire vs HTC Desire S

Kadang banyak yang mengatakan ukuran adalah tidak penting. Tapi yang jelas ukuran yang terlalu besar atau ukuran yang terlalu kecil, akan mengurangi kenyamanan kita untuk pemakaian sehari-hari terutama saat menelpon. Bagaimanapun juga fungsi utama dari suatu handphone adalah untuk menelpon, walaupun dibalik itu semua terdapat spesifikasi dan fitur yang canggih, modern dan terkini.

Perbandingan HTC Desire Vs HTC Desire S Spesifikasi Software

Kalau kita lihat gambar di atas, HTC Desire S sedikit lebih kecil dibanding dengan kakaknya HTC Desire. Dengan tampilan body yang sama, HTC Desire S juga sedikit lebih tipis dibanding HTC Desire.

CPU & Memory HTC Desire vs HTC Desire S

HTC Desire,1 GHz dengan 512 MB internal memory
HTC Desire S, 1 GHz dengan 1.1 GB internal memory

Kedua HTC Desire ini yaitu HTC Desire S dan HTC Desire keduannya masih menggunakan processor single-core 1 GHz Scorpion yang didukung oleh Adreno 205 GPU. Ini  seolah-olah HTC sedikit tertinggal dengan beberapa produk handphone lainnya yang sudah menggunakan processor dual-core. Jika kita lihat varian produk HTC Desire ini, seolah permainan HTC ada di kapasitas memory internalnya.

Kapasitas internal  memory dari HTC Desire S dua kali lipat dari HTC Desire, yaitu  1.1 GB internal memory. Hal ini akan memberikan keleluasaan pengguna untuk memasukkan berbagai aplikasi tambahan dari pihak ketiga yang tersedia di android market. Seperti kita ketahui, ada beberapa aplikasi Android yang yang sistem penyimpanannya harus di internal memory, tidak bisa di arahkan atau dipindah ke external memory. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya berhubungan langsung dengan sistem operasi Android itu sendiri.Tapi dengan internal memory yang 1.1 GB tersebut kurasa sangat kecukupan untuk saat ini dikarenakan juga banyaknya aplikasi-aplikasi Android yang sudah menggunakan external memory untuk media penyimpanannya. Saat ini sudah banyak aplikasi Android yang sudah support moving to SD.

Platform & Sistem Operasi HTC Desire vs HTC Desire S

HTC Desire, Android 2.2 Froyo
HTC Desire S, Android 2.3 Gingerbread

HTC Desire muncul pertama kali dengan sistem operasi Android 2.1 Eclair,  tapi saat ini sudah ter-update ke Android 2.2 froyo. Sedangkan HTC Desire S, muncul dengan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread yang mana itu merupakan sistem operasi yang lagi diminati untuk saat ini di handphone.

Battery HTC Desire vs HTC Desire S

HTC Desire, 1400mAh
HTC Desire S, 1450mAh

Handphone Android terkenal sangat boros battery. Permasalahan ini tidak dapat kita pungkiri dikarenakan hampir semua pengguna Android akan terkoneksi secara terus menerus dengan internet. Kurasa tidak terlalu banyak fungsi yang kita dapat di Android jika kita tidak terkoneksi dengan internet secara terus menerus, layanan mail, chat, Android market semua membutuhkan internet.

Penambahan kemampuan battery 50mAh dari HTC Desire S, merupakan penambahan yang tidak terlalu besar. Aplagi jika kita melihat bahwa HTC Desire S ini sudah menggunakan sistem operasi Android Gingerbread yang mempunyai fitur yang lebih baru sehingga menyebabkan pengguna akan lebih suka mengotak-atik aplikasi yang ada di dalamnya.

Layanan HTC sense GPS HTC Locations & HTCSense.com juga akan menguras tenaga battery itu sendiri. HTC Locations yang merupakan fitur GPS dan HTCSense.com yang merupakan fitur layanan online yang memungkinkan pengguna dapat mengatur penggunaan handphone langsung dari handphone HTC atau PC, membutuhkan kapasitas battery yang lebih besar. Tapi kapasitas battery HTC Desire S yang 1450mAh, kurasa lebih bagus dibanding produk-produk handphone lain yang masih menggunakan batteri di kisaran 1050mAh sampai 1200mAh saja.

Camera HTC Desire vs HTC Desire S

HTC Desire, 5MP camera dengan single LED flash
HTC Desire S, 5MP camera dengan single LED flash + front facing VGA camera

Terjadi perubahan yang terjadi di fisik camera dengan tersedianya  front facing VGA camera di HTC Desire S.  Ini merupakan perubahan yang mencolok pada camera-camera handphone HTC sebelumnya. Front facing VGA camera sangat diperlukan untuk saat ini, bukan hanya untuk video calling tapi juga sudah banyak aplikasi yang membutuhkan kamera depan seperti misalnya pada skype yang kemungkinan akan menerapkan fasilitas video call di Android.

5MP camera yang merupakan kamera utama terlihat sangat ketinggalan jika dibanding dengan produk-produk handphone lainnya.  Saat ini produsen handphone rata-rata sudah menanamkan 8MP pada handphone mereka. Tapi HTC masih bertahan menanamkan 5MP camera di hampir semua handphone terbarunya. Ini merupakan permasalahan yang harus diperhatikan pihak HTC untuk kedepannya nanti.

Design HTC Desire vs HTC Desire S

Kalau masalah design, jelas HTC lebih unggul dari handphone-handphone lainnya. Perubahan yang terjadi pada HTC Desire S ada di unibody baru. Perubahan ini membuat HTC Desire S lebih kuat dan lebih ringan dibanding dengan HTC Desire. HTC telah menghilangkan tombol fisik pada HTC Desire S ini. Di sini HTC seolah memanfaatkan secara maksimal dari touch-screen buttons yang ada. Optical trackball yang seperti ada di HTC Wildfire memang kadang membuat kita kangen untuk menggunakannya kembali, tapi memang inilah yang harus kita hadapi di semua sistem operasi Android saat ini. Dan lagian dalam hal editing text, Android Gingerbead jauh lebih mudah pengoperasiannya dibanding dengan Android sebelumnya.

Kesimpulan

Jika kita melihat perbedaan spesifikasi, fitur dan software yang ada pada HTC Desire dan HTC Desire S, perbedaan yang sangat mencolok berada pada adanya front facing VGA camera, kapasitas internal memory, keandalan dari sistem operasi Gingerbread, design yang lebih kecil sedikit, body yang lebih kuat dan lebih ringan, serta dukungan HTC Sense yang menerapkan teknologi HTC terbaru. Inilah perbedaan yang harus kita perhitungkan, yang yang jelas harus di bandingkan juga dengan harga yang harus kita keluarkan untuk menebus semua spesifikasi dan fitur yang ada tersebut. Semua pilihan ada di anda semua…….

 

 


Post Update :
Date : Thursday, September 18, 2014 - Kamis, 18 September 2014
Posted in: handphone
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Perbandingan HTC Desire Vs HTC Desire S Spesifikasi Software":


1 Comment on "Perbandingan HTC Desire Vs HTC Desire S Spesifikasi Software"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Monex says:

    Menyadari pentingnya aktivitas pertemanan di dunia maya lewat situs-situs jejaring sosial yang ada HTC mengeluarkan produk berbasis smartphone bagi kelas pemula. Varian ponsel yang diberi nama Wildfire tersebut sudah mengusung sistem operasi Android 2.1 Eclair.

    [Reply]

Post a Comment


4 − 1 =