Cara Atasi Blackberry Lemot



Cara Atasi Blackberry Lemot

Seperti yang sudah kuulas pada artikel sebelumnya, salah satu penyebab BBM pending dikarenakan karena ada permasalahan pada Blackberry itu sendiri. Semua aplikasi yang kita install termasuk juga sistem operasi Blackberry itu sendiri membutuhkan media penyimpanan. Tidak seperti pada sistem operasi Android yang mana kita dapat mengatur letak media penyimpanan berbagai aplikasi tambahan di memory external / SDCard, media penyimpanan untuk aplikasi-aplikasi pihak ketiga pada Blackberry hanya dapat disimpan di memory internal.

Cara Atasi Blackberry Lemot

Selain itu, aplikasi-aplikasi yang kita buka dalam Blackberry, juga membutuhkan RAM untuk prosesnya. Semakin banyak aplikasi Blackberry yang terbuka, semakin berkurang sisa RAM yang Blackberry itu miliki. Pada saat pertama kali Blackberry kita hidupkan, sistem operasi OS, browser, Home Screen, Blackberry Messenger BBM, phone, messenger sudah menguras habis RAM yang Blackberry itu miliki. Hal itu ditambah lagi dengan “kebiasaan” RIM yang terkenal “pelit” memberikan memory internal dan RAM.

Cara Atasi Blackberry Lemot

Sekarang marilah kita masuk ke Options – Device – Aplication Management pada Blackberry kita. Lihat bagian “Memory” dan “Aplication Storage”. Dibagian “Memory” itulah info aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan saat ini. Disitu juga terlihat sisa RAM yang kita miliki. Dibagian “Aplication Storage” ditampilkan info aplikasi-aplikasi yang tersimpan di memory internal sekaligus info besar memory internal yang terpakai. Lihat berapa sisa memory internal yang Blackberry miliki.

Dari kedua informasi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa “system” atau sistem operasi yang dipakai Blackberry memegang penggunaan terbesar pada kedua memory tersebut. Aplikasi bawaan Blackberry yang tidak dapat dimatikan menempati posisi kedua penggunaan memory. Posisi selanjutnya ditempati oleh aplikasi-aplikasi pihak ketiga.

Sebab Blackberry Lemot

Dari ulasan di atas, sebenarnya kita sudah bisa menebak jawaban dari pertanyaan “Kenapa Blackberry Saya Lemot”, “Apa sebab Blackberry lemot”. Sistem Operasi Blackberry butuh memory. Aplikasi-aplikasi bawaan Blackberry butuh memory. Aplikasi-Aplikasi pihak ketiga yang kita install juga butuh memory. Jika sisa memory yang kita miliki semakin sedikit, jangan heran kita akan merasa Blackberry kita terasa lamban dan tidak segera terbuka alias Blackberry kita lemot.

Dan satu lagi kebiasaan pengguna Blackberry yang sering terlupakan yaitu lupa menutup (close) aplikasi yang sudah tidak digunakan. Biasanya pengguna blackberry akan lebih sering membuka beberapa aplikasi, terutama aplikasi layanan situs sosial seperti facebook, twitter maupun blackberry messenger terus menerus tanpa di-close penggunaannya.

Cara Atasi Blackberry Lemot

Memang ada beberapa aplikasi yang tidak dapat di-close karena aplikasi tersebut merupakan sebuah komunikasi yang dianggap penting oleh para pengguna blackberry. Tapi ada beberapa cara atasi Blackberry lemot ini. Apa saja cara atasi Blackberry lemot ini ?

Cara atasi Blackberry lemot yaitu :

  • Install aplikasi yang penting saja. Gunakan theme yang ringan dan aplikasi yang tidak dipergunakan sebaiknya di uninstall saja.
  • Batasi BBM contact dan BBM Group. Share PIN BB hanya kepada teman-teman atau saudara yang kita kenal saja. Leave BBM group yang tidak perlu.
  • Close BBM chat yang sudah selesai. Aktifkan chat history ke media card dengan cara BBM -> Options -> Save Chat History -> media card jika diperlukan. Dan lakukan clear BBM chat jika tidak diperlukan.
  • Maksimalkan penggunaan memori eksternal. Foto, lagu, video dan lainnya sebaiknya disimpan ke dalam memori eksternal atau media card. Caranya setting: Menu BlackBerry -> Options -> Memory -> Ganti status media Card Support menjadi ON.
  • Close semua conversation yang tidak penting di messenger, seperti Yahoo Messenger YM, GTalk, MSN, jika messenger tersebut harus online terus menerus. Dan sign out -  close jika tidak diperlukan.
  • Delete semua messages yang tidak penting, baik itu email, sms maupun mms. Utamakan hapus email yang memiliki attachment besar. Saat delete email akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld dan On Handheld. Pilih salah satunya.
  • Delete phone call logs yaitu dengan cara: buka messages -> view folder -> phone call log -> menu -> delete prior.
  • Delete semua miss calls yaitu dengan cara: buka messages -> menu BB -> view folder -> missed calls -> menu -> delete prior.
  • Delete browser cache yaitu dengan cara: Menu BB -> Browser -> Options -> Cache Operations -> clear history
  • Delete cache di aplikasi facebook, twitter, social media lainnya. Caranya: buka facebook -> menu BB -> options -> clear cache.
  • Delete event log yaitu dengan cara: Home Screen tahan tombol alt+LG+LG -> Menu BB -> Clear Log
  • Bersihkan temporary memory dengan cara: options -> security options -> memory cleaning -> menu BB -> clean now -> save.
  • Sering lakukan pembersihan memori dengan cara: Menu BB -> Options -> Security Options -> Memory Cleaning -> Ubah status ke posisi ENABLE -> Menu BB -> Clean Now
  • Sering lakukan Soft Reset. Caranya: tekan alt + shift (aA) bagian kanan + del secara bersamaan, tahan kira-kira 3 detik (sampai screen mati / cursor tidak bergerak).
  • Sering lakukan hard reset dengan cara matikan BB dan cabut baterai beberapa menit sampai daya listrik yang tertinggal. Pasang kembali baterai kembali jika sudah selesai.

Demikian beberapa cara atasi Blackberry lemot. Jika anda sudah melakukan cara atasi blackberry lemot di atas, tapi masih juga belum memperoleh perubahan, maka alternatif selanjutnya yaitu dengan cara wipe data atau security wipe.

Proses Wipe data atau security wipe ini akan menghapus seluruh data di Blackberry, mulai dari Phonebook, Contact BBM, SMS, AutoText dll. jadi sebelum melakukan Wipe data sebaiknya backup Blackberry kita lebih dulu dengan menggunakan Blackberry Desktop Manager. Setelah proses wipe data selesai, kita bisa mengembalikan (restore) data tersebut kembali. Aplikasi pihak ketiga tidak bisa di backup menggunakan Blackberry Desktop Manager. Untuk itu kita bisa menggunakan aplikasi lain misal BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife).

Ada alternatif lain cara atasi Blackberry lemot. Tapi cara ini terlalu ekstrim yaitu dengan cara memodifikasi OS Blackberry dengan menghapus aplikasi bawaan Blackberry yang tidak kita perlukan. Cara ini biasa disebut shrink OS Blackberry. Tapi sekali lagi, cara ini tidak semudah cara atasi blackberry lemot di atas. Dan juga membutuhkan master OS Blackberry yang sesuai dengan BB kita.

Selamat mencoba cara atasi Blackberry lemot


Post Update :
Date : Saturday, April 19, 2014 - Sabtu, 19 April 2014
Posted in: handphone


Related posts "Cara Atasi Blackberry Lemot":

8 Comments on "Cara Atasi Blackberry Lemot"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. baru tau, pantes BB ane lemot

    [Reply]

  2. alay info says:

    thx ya gan infonya .. :D

    [Reply]

  3. weinsen says:

    bb ane jdi ga lemo2t lgy brio thanks bnget

    [Reply]

  4. bhiep irawan says:

    ,pasword I’d. Blackberry saya lupa !bagai mana cara mengatasi masalah itu .
    Terimakasih.

    [Reply]

  5. nn says:

    Gan, minta tolong…
    Total Memory  davis saya 512 tapi yg terlihat hanya 480M yah? Dan bagaimana cara memaksimalkan keseluruhan dari memory 512 itu… Thx.

    [Reply]

  6. paijo koplax says:

    bb ku 9650 cm ku install whatsapp yg isinya cm 3 kontak… itupun blom tentu tiap hari ngobrol.
    email ga tak aktifkan. twitter ga minat… facebook juga ga pernah update…

    Jaringan pake tri 3g set ke gsm/umts. wifi off, blutut off, gps off.
    ga pernah buat telpon maupun sms.

    tiap aku cek di application manager bagian CPU, posisi teratas selalu di tempati oleh OS6 bergantian dengan homescreen dan BBM. whatsapp seringnya berada di bawah 10%. facebook malah 0%.
    total CPU utilization sering diatas 70%-80%.

    BBM contact 200an, tp chat yg aktif 50an. Group ada 7, tp yg sering update cm 2.

    Pertanyaan:
    Apakah penggunaan saya ini termasuk kategori berat???

    [Reply]

  7. rafi says:

    ah mending pake android serba kuat buka apa apa

    [Reply]

  8. Raehan says:

    Misi gan, mo nanya, hp saya setelah saya wipe, tidak bisa gunakan lg,,gk bisa conect ke internet,,dan disuruh memasukan sandi enterprise activate…mohon pencerahan bgmn caranya mendapatkan sandi aktivasi spy bs conect ke internet

    [Reply]

Post a Comment


4 − = 2