Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast



Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast

Bila kita pengguna Blackberry, pasti sering menerima broadcast seperti “Test Pending”, “Maaf BC, BB lagi lemot”,”Tes BBM” sampai dengan kata-kata seperti “Minta PING dong, Pending nih”. Kita pasti merasa sebal jika tiba-tiba muncul “PING” di layar BBM Blackberry tanpa sebab dan tanpa alasan yang jelas.

Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast

Sekarang mari kita berpikir secara logis aja. Apakah kita perlu melakukan broadcast atau Ping untuk mengatasi BBM Pending di Blackberry? Dan apa keuntungannya jika melakukan ping atau broadcast? Dan juga apa kerugian yang ditimbulkan jika kita melakukan ping atau broadcast?

Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast

Ping atau broadcast yang tidak jelas maksudnya akan bisa menyebabkan penerima broadcast atau PING tersebut merasa kesal. Jadi, jika kita melakukan PING atau broadcast hanya dengan alasan demi mengatasi BBM Pending hal tersebut sebaiknya dipertimbangkan lagi.

Sebab Blackberry Messenger BBM Pending

BBM Pending bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya karena masalah jaringan operator yang sibuk, sinyal yang kurang stabil, atau kemungkinan server RIM sendiri lagi mengalami gangguan.

BBM pending juga bisa disebabkan karena Blackberry kita yang lemot. Hal ini biasanya dikarenakan memory blackberry kita habis atau terlalu banyak aplikasi yang ter-install. Di perangkat Blackberry semua aplikasi yang kita install akan dimasukkan di memory internal, bukan memory external atau microSD. Sistem operasi OS Blackberry juga membutuhkan memory dalam penyimpanan. Semakin besar versi OS Blackberry, semakin besar pula media penyimpanan yang dibutuhkan.

Selain memory internal tersebut, Blackberry juga membutuhkan RAM untuk melakukan proses aplikasi yang ada. Secara default tanpa melakukan proses aplikasi lainnya, Blackberry sudah menggunakan RAM untuk browser, Home Screen, Blackberry Messenger BBM, phone, messenger. RAM akan semakin berkurang sisanya jika kita menggunakan atau membuka aplikasi lain, apalagi operasi yang hidden atau resident application.

Atasi Blackberry Messenger BBM Pending

Jika kita melihat sebab-sebab terjadinya Blackberry Messenger BBM pending di atas, maka melakukan PING atau broadcast tidak dapat mengatasi BBM pending. Lalu bagaimana mengatasi BBM pending?

Pertama yang harus kita lakukan untuk atasi BBM pending adalah melakukan pengecekan kondisi sinyal jaringan operator yang kita pakai. Sinyal operator yang minim, dapat menyebabkan juga kita tidak tersambung ke RIM server. Cek logo sinyal kita jangan sampai tertulis GSM atau gprs (huruf kecil) atau edge (huruf kecil) atau 3g (huruf kecil tanpa simbol bb).  Ganti operator yang bagus signalnya merupakan solusi terbaik untuk atasi BBM pending yang ini. Persyaratan minimum, gunakan operator selular yang bagus signalnya jika kita berada di rumah dan di tempat kerja, sebab tempat-tempat itulah kita sering berada. Kalu bisa cari operator selular yang 3G pada lokasi-lokasi tersebut.

Selanjutnya yang harus kita cek untuk atasi BBM pending yaitu perangkat blackberry kita sendiri. Banyaknya aplikasi yang ter-install pada blackberry menyebabkan berkurangnya memory internal. Semakin banyak aplikasi yang kita pakai maka semakin berkurang juga RAM di perangkat blackberry kita. Semakin sedikit sisa memory internal dan RAM maka semakin lemot proses yang terjadi. Untulk atasi BBM pending yang ini, satu-satunya cara yang ampuh yaitu dengan melakuka wipe data atau security wipe.

Ada 3 pilihan dalam security wipe ini yaitu “wiping email, contact, etc”, “wiping user intalled Applications” dan “wiping Media Card”. Kita bisa melakukan pilihan “wiping email, contact, etc” dan “wiping user intalled Applications”. “wiping Media Card” bisa kita tinggalkan.

Proses Wipe data atau security wipe ini akan menghapus seluruh data di Blackberry, mulai dari Phonebook, Contact BBM, SMS, AutoText dll. Jadi sebelum melakukan Wipe data sebaiknya backup Blackberry kita lebih dulu dengan menggunakan Blackberry Desktop Manager. Setelah proses wipe data selesai, kita bisa mengembalikan (restore) data tersebut kembali.

Pada proses wipe data ini, aplikasi pihak ketiga tidak bisa di backup menggunakan Blackberry Desktop Manager. Untuk itu kita bisa menggunakan aplikasi lain misal BBSAK (BlackBerry Swiss Army Knife).

Demikian sedikit ulasan sebab terjadinya BBM pending dan cara atasi BBM pending. Sekali lagi….. jangan lakukan PING atau Broadcast untuk atasi BBM pending


Post Update :
Date : Friday, April 18, 2014 - Jumat, 18 April 2014
Posted in: handphone


Related posts "Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast":

1 Comment on "Atasi BBM Pending Bukan PING atau Broadcast"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. jajangjajang says:

    standar banget gan

    [Reply]

Post a Comment


+ 9 = 16