Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR


Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR

Kamera pada saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kamera adalah salah satu alat untuk mengabadikan moment pada suatu acara pada objek tertentu. Semakin lama waktu berlalu semakin canggih juga teknologi yang diciptakan. Kamera memilki berbagai generasi. Mulai dari Kamera Saku, Kamera digital, Kamera SLR, dan Kamera DSLR. Pada saat ini kamera yang paling populer adalah model kamera SLR dan DSLR. Kedua kamera tersebut memiliki rating tertinggi dalam penjualan di pasaran produksi.

Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR

Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR

Pada kedua kamera ini, mereka memilki perbandingan yang tidak begitu jauh. Berikut ini Perbandingan Kamera SLR dan Kamera DSLR.

Perbedaan dari kamera SLR dan kamera DSLR

Kamera SLR (single-lens reflex)

 Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR

Kamera SLR adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk bisa melewatkan berkas cahaya menuju  dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya.

Hal ini sangat berbeda sekali dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane.

Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai film.

Pada SLR media penyimpan data gambar disimpan pada film 35MM (analog) tidak diperlukan proses digitalisasi, kompresi data sehingga gambar bisa langsung dilihat hasilnya pada film tersebut. Bila ingin memproses foto lebih lanjut gulungan film inilah yang dibawa ke laboratorium cuci cetak foto.

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex Camera)

 

Kamera DSLR  adalah kamera digital yang menggunakan mechanical mirror system dan pentaprisma unuk mengarahkan cahaya dari lensa menuju optical viewfinder yang berada pada kamera).

DSLR (Digital Single Lens Reflex) bekerja dengan sistem digital penuh sejak saat capture obyek foto oleh Image Sensor hingga penulisan pada memory card. Karena itu pada DSLR terdapat lebih banyak tombol dibanding SLR seperti pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi dan lainnya, dan yang paling membedakan adalah tersedianya memory slot yang terkadang lebih dari 1.

Persamaan Kamera SLR dan Kamera DSLR

Persamaan Kamera DSLR dan Kamera SLR adalah mekanisasi pengambilan obyek foto yang menggunakan satu lensa (single lens) yang sama untuk fungsi membidik (via viewfinder) dan menyampaikan hasil bidikan kepada Image Sensor (DSLR) atau pada Film (SLR). Progres tersebut dikerjakan secara reflexy (memakai kaca pantul yang terdapat didalam camera).

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda. Demikian artikel tentang Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR


Post Update :
Date : Tuesday, September 30, 2014 - Selasa, 30 September 2014
Posted in: gadget
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Perbedaan dan Persamaan Kamera SLR dengan Kamera DSLR":


Post a Comment


8 + = 10