Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad


Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Munculnya iPhone 5 beberapa waktu lalu, pihak Apple memunculkan juga sistem operasi mobile-nya yang baru yaitu iOS 6.  Banyak fitur baru yang ditanamkan pada iOS 6 ini, tapi banyak juga fitur lama yang dihilangkan.

Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

iOS 6 yang mempunyai semboyan “The World’s most advanced mobile operating system” ini kabarnya melakukan lebih dari 200 perubahan dari iOS versi sebelumnya. Angka yang demikian besar tersebut kemungkinan termasuk juga perubahan yang amat sangat kecil.

Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Tapi ada beberapa perubahan yang signifikan yg dilakukan Apple di iOS 6 ini. Perubahan inilah yang merupakan  kelebihan dan kekurangan iOS 6 itu sendiri.

Kelebihan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Penambahan fitur atau Kelebihan iOS 6 yang sangat menonjol antara lain:

Facebook Integration

Di iOS 6 Facebook sudah terintegrasi dengan upload foto ke Facebook secara langsung dari camera, share lokasi kita berada ke Facebook dengan menggunakan Apple Maps, serta tampilan Contact yang lebih lengkap dengan terintergrasinya profile teman dengan contact.  Dengan adanya intergrasi ini, semua hari ulang tahun teman Facebook akan ada di Calender iPhone atau iPad kita. Fitur Facebook Integration ini sudah lebih dulu digunakan di Blackberry Contact.

VIP Inbox Mail

Tambahan menu VIP di inbox mail, yang berguna untuk mengelompokkan contact dan beserta pesan emailnya. Pengelompokan pesan mail ini berguna untuk mengelompokkan email yang wajib baca dan email sampah (junk/ spam). Kini fasilitas VIP Inboox Mail ini sudah langsung tertanam secara default pada iOS 6.

Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Peningkatan kemampuan Siri

Siri yang merupakan asisten pribadi cerdas dan aplikasi interaksi percakapan untuk pengingat , cuaca, saham, pesan, email, kalender , kontak, catatan, musik, jam, web browser, Wolfram Alpha, dan peta, kini di iOS 6 ini mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan Siri di iOS 5. Pencarian lokal Siri dan pencarian restoran telah menghapus Asia dari dalam daftar, dan menambahkan kemampuan Siri untuk memperlihatkan jadwal pemutaran film hanya bisa diakses dari AS, Kanada dan Inggris. Selain itu, fitur Siri kali ini juga memiliki kemampuan dengan bahasa lain, seperti Mandarin dan Korea.

Do Not Disturb

Fungsi do not disturb ini merupakan hal yang baru bagi para pengguna iPhone,tapi di OS lainnya fitur ini bukan merupakan hal baru lagi. Fitur ‘Do Not Disturb’ berfungsi sebagai penolak panggilan telepon saat pengguna meeting atau tidak ingin diganggu. Selain itu pengguna juga bisa mengirim SMS otomatis kepada orang yang menelpon yang menerangkan jika ia sedang sibuk atau tidak mau diganggu.

FaceTime

Fitur FaceTime adalah aplikasi video calling/ video telepon yang melalui protokol milik Apple. Di iOS versi sebelumnya, fitur FaceTime hanya bisa digunakan melalui koneksi Wi-Fi. Tapi sekarang di iOS 6 ini, fitur FaceTime dapat dilakukan lewat koneksi 3G dan 4G. Dengan kemampuan FaceTime yang dapat melalui koneksi 3G dan 4G ini sekarang pemakai perangkat iOS 6 tidak perlu lagi mencari koneksi Wi-Fi.

Passbook

Aplikasi Passbook yang sedolah-olah sebagai dompet penyimpanan dimana pengguna bisa menyimpan berbagai hal mulai dari tiket, kartu diskon hingga boarding pass agar dapat dilacak. dengan adanya Passbook ini kini jika berpergian pengguna iOS 6 tidak perlu lagi repot untuk membeli dan membawa tiket. Dengan passbook anda dapat melakukan check in penerbangan, bioskop, restoran dan masih banyak lagi.

Penambahan Fitur Browser Safari

Safari yang merupakan browser Apple tidak lepas dari penambahan fitur di dalamnya. Beberapa penambahan fitur di browser safari diantaranya adalah Tab iCloud, Full Screen Landscape, Offline reading list.

Aksesibilitas

Aksesibilitas merupakan salah satu fitur unik yang tersedia di iOS 6 yang digunakan untuk membatasi tombol di perangkat tersebut. Fitur Aksesibilitas dari iOS 6 ini sangat berguna bagi seseorang yang memiliki kekurangan pada pendengaran, penglihatan dan autisme.

Find My iPhone

Dengan adanya aplikasi Find my iPhone, anda dapat dengan mudah melacak, memberi peringatan, bahkan memformat iPhone kita jika hilang atau ketika seseorang telah mencurinya dari kita atau ketika iPhone tersebut terjatuh sehingga kita sangat susah untuk mencarinya.

Find My friends

Fitur Find My Friends memungkinkan kita selalu terhubung dan mengetahui posisi teman berada. Dengan find my friends, kita dapat melihat dimana teman anda sekarang berada.

Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad

Kekurangan atau pengurangan fitur iOS 6 yang sangat menonjol antara lain:

Youtube tidak tersedia secara default

Di iOS 6 ini kioni tidak ada lagi aplikasi Youtube secara default. dan jika kita ingin menonton Video Youtube, maka kita harus menginstall dulu aplikasi youtube dari App Store. Berbeda dengan iOS 5 atau iOS sebelumnya, dimana aplikasi Youtube sudah tersedia secara default.

Google Maps diganti Apple Maps

Aplikasi lain yang hilang dari iOS6 adalah Google Maps, sebagai gantinya kini hadir Apple Maps. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan Google Maps, akan sedikit kecewa, karena kini di iOS 6 tidak ada Google Maps secara default.

Jailbreak

Khusus bagi para Jailbreaker, proses Update ke iOS 6 ini akan menghilangkan semua Jailbreak yang pernah dilakukan. Dan dikarenakan sistem operasi iOS 6 ini masih baru, maka kemungkinan masih akan lama munculnya Jailbreak untuk iOS 6. Dan bagi yang suka  mengoprek iPhone atau iPad atau sering menginstall aplikasi via Cydia atau lewat Installous, sebaiknya hindari dulu update ke iOS6 ini dan tunggu sampai Jailbreak iOS6 di release.

Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad untuk Pengguna di Indonesia

Walaupun banyak fitur-fitur baru yang lebih canggih dari iOS sebelumnya, pengguna iOS 6 di Indonesia tetap tidak dapat mempergunakan fitur-fitur tersebut secara penuh.

Dan bagi pecinta produk Apple di Indonesia yang rata-rata menggunakan Jailbreak, sebaiknya tidak mengupdate dulu iOS yang lama dengan iOS 6 ini. Karena dengan melakukan upgrade iOS 6 ini akan mem-reset dan menghapus semua JailBreak yang pernah dilakukan. Jadi upgrade iOS 6 sebaiknya dilakukan jika Jailbreak untuk iOS 6 ini muncul saja.

Mau upgrade Apple iPhone, iPad, iPod ke iOS 6 ? pelajari dulu dengan seksama kelebihan dan kekurangan iOS 6


Post Update :
Date : Thursday, October 2, 2014 - Kamis, 2 Oktober 2014
Posted in: gadget
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad":


4 Comments on "Kelebihan dan Kekurangan iOS 6 Apple iPhone, iPod, iPad"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Bisnis Pulsa says:

    Sangat Lengkap dan Komplit Tutorialnya….Thx To Info nya….Ok…Support U…!!!

    [Reply]

  2. Karin says:

    Mau tanya dong,, semenjak upgrade ke ios6 kalau main game tuh suka nge lag. Terus suka keluar tiba- tiba.. Itu kenapa ya? Ada solusinya gak ya? Saya pakai ipod

    [Reply]

    Tommy Ryanto Reply:

    iPod nya generasi keberapa ya? memang iPod generasi lawas sring lag klo di iOS 6.

    [Reply]

  3. Vinz says:

    Mau nanya juga dong, kok klo misal download aplikasi dari app store di iphone 5 itu jalannya lemot dan cuma bisa satu” loadingnya.. thx.

    [Reply]

Post a Comment


9 − 4 =