Mimbar Bebas Blogger Nusantara


Membangun Paguyuban Blogger Nusantara
Sebuah Proposal Mimbar Ekspresi Blogger

Sejarah tak lepas dari berbagai kemajuan yang terjadi di Nusantara sejak zaman nenek moyang hingga saat ini. Tak lepas bahwa keelokan bumi Nusantara dan segala macam konten alamiahnya menjadi incaran banyak orang maupun negeri-negeri miskin sumber daya. Sejarah pun mencatatakan bahwa nusantara pernah dijajah bangsa asing untuk sekian lama, meskipun itu mungkin hanya klaim. Namun apa yang dialami saat sekarang ini adalah bukan lagi bentuk penjajahan akan sumber daya alam saja, namun reproduksi bahwa bangsa pribumi inlander selalu saja bisa dipengaruhiunt uk bergantung pada bangsa lain, meski hal ini untuk saat ini jelas dinafikan dan tidak diakui banyak pihak. Karena keterbatasan laju teknologi ataupun alasan lain yang sangat banyak jika dituliskan di sini.

Selain acara seminar untuk pengkayaan khasanah bloggeriyah di siang hari, Pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Taman Makam Pahlawan. Satu hal yang menarik adalah mimbar bebas dan ekspo komunitas blogger seluruh nusantara di gedung tenis Indoor Deltras Sidoarjo, Jawa Timur yang berfungsi juga sekaligus sebagai tempat mengginap di malam hari.

Wacana pembentukan Paguyuban Blogger Nusantara mendapatkan wadahnya untuk menggodok hingga matang di forum bergembira, tidak formal namun memiliki ekses yang luar biasa ini. Di mana siapapun saja peserta dapat mengungkapkan isi hati, opini, pengalaman hingga cita-cita besarnya bagi blogger secara individu maupun sebagai komunitas tempat berkumpulnya.

Aktifitas ini berlangsung pada malam hari di gedung tenis indoor, dan diharapkan menjadi ajang keakraban paling akrab di event-even bertemunya para aktivis blogger yang notabene sangat sulit untuk dapat bertemu karena kesibukannya masing-masing.

Secara, kegiatan ini sangat bebas tanpa rundown yang macam-macam, dan bisa berubah setiap saat sesuai keperluan dan hangatnya suasana, tanpa di batasi waktu selain karena mengantuk secara alamiah, dan tidak membuat terlalu ngantuk pada sesi siang harinya.

Sebagai gambaran mungkin akan diabsen saja per komunitas untuk memberikan suaranya, mengapa komunitas, karena dianggap mewakili banyak orang, dan tentunya lebih mudah. Meskipun suara pribadi pun sangat diharapkan juga kehadirannya, karena roh komunitas adalah juga anggotanya secara pribadi dan sebagai entitas blogger yang harus difasilitasi dan dihargai pendapat dan suaranya.

Di mohon  setiap komunitas untuk menampilkan apa yang sudah dan akan dikerjakannya sekaligus sebagai ajang saling belajar dan mempererat persaudaraan, meski mungkin hanya 15 menit namun akan sangat berarti bagi semua yang hadir, dan terbuka kemungkinan untuk berdiskusi, dan terbuka kemungkinan untuk tampil kembali jika memang diperlukan.

Malam Pertama:
Jumat. 28 Oktober 2011

Malam hari ini, boleh untuk promo dan segala macam promo tentang produk lokal hingga mimpi blogger. Mengenalkan apa yang sudah dilakukan, bagaimana melakukan. Semua blogger yang punya produk wajib tampil, baik produk komunitas ataupun sendirian. Boleh membawa pamflet atau alat promosi ala blogger. Misalnya penerbitan atau launching buku, bahkan boleh juga launching blog.

Malam Kedua:
Sabtu, 29 Oktober 2011

Diharapkan untuk tampil adalah Komunitas TPC, Blogger Ngalam, Internet Sehat, Bengawanm Blogger Kota Reyog, Gresik, Anging Mamiri, Patemon, Peniti, Blog detik, Kompasiana, Multiply, Suara Komunitas dan komunitas lainnya yang bisa mendaftar atau konfirm via email maupun pada hari saat pergelaran ini berlangsung, dengan topik acuan Perlu atau tidak perlukah adanya Paguyuban Blogger Nusantara, dan apa yang bisa diharapkan maupun yang tidak bisa diharapkan, sebuah brainstorming.

Apa Manfaat Mimbar Bebas Berekspresi ini?

Sangat banyak tentunya, namun bolehlah untuk sekedar dituliskan:

  1. Tak kenal maka tak sayang
  2. Peta minat blogger senusantara yang hadir
  3. Apa yang sudah dilakukan blogger untuk dirinya
  4. Apa yang bisa dimanfaatkan bersama
  5. Apa yang bisa kita sumbangkan bersama
  6. Bisakah kita berjejaring

Bukan membual dan muluk-muluk, namun apabila kesempatan ini bisa kita gunakan bersama untuk kebaikan semua, tentu akan banyak manfaat dan tentu saja produksi pengetahuan yang baru buat kita semua.

Bagi yang tertarik dan ingin bersuara, silahkan mendaftar ke panitia@bloggernusantara.com dengan subyek, mimbar bebas blogger berekspresi, atau akan dikoordinasikan oleh korwil masing-masing.

Salam Blogger Nusantara.

by Suryaden
Ketua SC Blogger Nusantara


Post Update :
Date : Monday, September 22, 2014 - Senin, 22 September 2014
Posted in: blog
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Mimbar Bebas Blogger Nusantara":


9 Comments on "Mimbar Bebas Blogger Nusantara"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Gaptek says:

    Ijin mo ku share ama kawan2 Kalsel dulu neh Om :)

    Makasih Banyak Infonya

    [Reply]

  2. arman says:

    kalau konsep acaranya seperti ini. pasti seru abis…
    salam mas..

    [Reply]

  3. lidya says:

    Tidak semua orang tahu padahal ini penting,terutama bagi para guru,orang tua dan para pelajar serta orang rumah tangga bahwa dengan majunya teknologi kita semua harus bisa memilah dan mimilih semua informasi dan komunitas di dalamnya terutama yang berkaitan di internet lebih khusus lagi yang berhubungan dengan situs pertemanan.

    [Reply]

  4. Jauhari says:

    Keren idenya… semoga terlaksana dengan lancar

    [Reply]

  5. Registery says:

    Laporannya om, ditunggu. Maaf gak bisa ikutan nih :sad:

    [Reply]

  6. kocomon says:

    Acara ini masih berkesan sampe sekarang

    [Reply]

  7. dualima.com says:

    kbn nya sukses, jadi pengen kbn 2 di maros…salam dari teman2 blogger maros

    [Reply]

  8. dzul says:

    emang acara paling kereen di kota tercinta :)

    [Reply]

  9. awitara says:

    suskes terus untuk para blogger di negeri ini, astungkara!!!!

    [Reply]

Post a Comment


2 + = 3