Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012


Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012

Jumat 9 Nopember 1607, untuk pertama kalinya diadakan sembahyang Jum’at pertama di Mesjid Tallo. Dan pada waktu yang bersamaan, di Mesjid Mangallekana di Somba Opu diadakan sembahyang Jum’at pula.

Pada tanggal 9 Nopember inilah yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi kota Makassar sejak tahun 2000, yang sebelumnya hari jadi kota Makassar jatuh pada tanggal 1 April, yang dikaitkan dengan berdirinya ”de Gemente Makassar”,  pada tanggal 1 April 1906.

Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012

Sebelum tahun 2000, peringatan hari jadi Kota Makassar jatuh pada tanggal 1 April. Hal ini dikaitkan pembentukan de Gemente Makassar pada tanggal 1 April 1906 yang berdasarkan ordonansi dari Staasblad Nederlandch Indie bertanggal Buitenzorg, 12 Maret 1906.

Penetapan hari jadi Makssar yang 1 April tersebut masih berbau masa kolonial Pemerintah Hindia Belanda. Tidaklah mengherankan bila banyak orang, terutama para budayawan dan kaum intelektual, yang merasa tidak nyaman untuk memperingati hari jadi tersebut.

Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012

Akhirnya, dengan Seminar Penelusuran Hari Lahirnya Makassar, hasil kerja sama Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin dengan Pemda Kotamadya Tingkat II Ujung Pandang, tanggal 21 Agustus 1995, lima orang penyaji makalah saat itu, yakni Prof. Mr. Dr. Andi Zainal Abidin, Prof.Dr. H.A. Mattulada, H.D.Mangemba, Dr.Mukhlis Paeni, H. Paturungi Parawansa, dan sebagai sponsorship seminar Walikotamadya Ujung Pandang, H.A. Malik B. Masri, mengeluarkan beberapa usulan dan saran tentang penetapan hari jadi dan pengembalian nama kota dari Kota Ujung Pandang ke-Kota Makassar.

Usulan mereka yang berbentuk dalam makalah antara lain :

  • How Far is Makassar From Ujung Pandang?
  • Determinasi Waktu dan Tempat Kehadiran Makassar dalam Menyejarah
  • Kota Makassar, Pulau Makassar, dan Hari lahir
  • Somba Opu Jantung Makassar
  • Menelusuri Sejarah Lahirnya Makassar

DPRD Kotamadya Ujung Pandang menerima baik kesimpulan seminar dan pada tanggal 9 November 1607 menetapkan sebagai hari jadi berdasarkan Peraturan Daerah Kota Makassar No.1 Tahun 2000 tanggal 2 Maret 2000. Dan sementara itu Pemerintah Pusat, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 1999 tanggal 13 Oktober 1999, yang ditandatangani oleh Presiden RI B.J. Habibie, telah menetapkan perubahan nama Kota Ujung Pandang menjadi Kota Makassar.

Hari Jadi Makassar dan perubahan nama Kota Ujung Pandang menjadi Kota Makassar

Penetapan hari jadi Makassar 9 Nopember, didasarkan pada peristiwa sejarah yang pada 9 Nopember 1607, yang mana pada hari itu agama Islam diterima oleh rakyat Kerajaan Gowa/Tallo di bawah Raja/Sultan Alauddin, I Mangerangi Daeng Manrabia, Tumenanga Riagamana.

Perubahan hari jadi Makassar dan perubahan nama Kota Ujung Pandang menjadi Kota Makassar merupakan rasa kebanggaan sejarah yang bersifat heroik di masa lalu, di masa sekarang, dan di masa yang akan datang.

Kemeriahan dan kemegahan hari jadi Kota Makassar ini adalah pengorban yang ikhlas dari tiga kabupaten tetangganya, yakni Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Pangkajekne-Kepulauan yang pada tahun 1970 menyerahkan sebahagian wilayahnya kepada Kota Makassar sebagai Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan tanpa konpensasi yang berarti demi menapak jalan ke arah sebagai  kotaraya/ kota metropolitan di masa depan.

Kopdar Blogger Nusantara 2012 Makassar

Kopdar Blogger Nusantara 2011 telah sukses dilaksanakan. Kini kita akan melangkah ke Kopdar Blogger Nusantara 2012 di Makassar. Anggapan tentang event nasional/internasional yang “harus” dilaksanakan di ibukota negara kini semakin jauh lagi bahkan diluar pulau Jawa.

Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012

Kopdar Blogger Nusantara 2012 ini akan dilaksanakan di Gedung LAN, Jalan Baruga Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 9 – 11 Nopember 2012. Pembukaan BN2012 ini bertepatan dengan hari jadi Makassar dan perubahan nama Kota Ujung Pandang menjadi Kota Makassar yang mana pada hari itu mempunyai nilai sejarah yang tinggi bagi bangsa Indonesia pada umumnya dan kota Makassar pada khususnya.

Kopdar Blogger Nusantara 2012, merupakan event yang terbuka untuk umum baik yang memiliki blog/ web, para pegiat dunia maya, pengguna sosial media serta pengguna internet secara keseluruhan. Event ini merupakan ajang keakraban para pegiat dan pekerja maya yang mau menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung dari persahabatan yang sudah terjadi di internet. Peserta datang dengan biaya sendiri dan berasal dari seluruh Indonesia, baik dari komunitas-komunitas blogger yang terbentuk di kota-kota besar, blogger individual maupun dari pengguna internet.

Mari kita dukung Komunitas Anging Mamiri, Makassar yang bahu membahu dengan Komunitas Blogger Maros, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang bertindak sebagai pelaksana inti menjadikan event Kopdar Blogger Nusantara 2012 menjadi kenyataan.

Viva Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012


Post Update :
Date : Wednesday, September 17, 2014 - Rabu, 17 September 2014
Posted in: blog
Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Related posts "Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012":


2 Comments on "Hari Jadi Makassar dan Kopdar Blogger Nusantara 2012 #BN2012"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. ariefew says:

    Prof.Dr. H.A. Mattulada dan Dr.Mukhlis Paeni = kakek dan bapak dari Mbak Mubarika Darmayanti

    [Reply]

  2. ipan ripai says:

    Waw… ternyata kakek nya mbak mubarika adalah seorang prof ya?? hehehee,.. kalo kakek sya mah seorang pejuang veteran mas..

    kapan ya kumpul-kumpul di cirebon?? haduh..

    [Reply]

Post a Comment


6 + = 12