Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya


Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya yang merupakan event pertama dari idblogilicious atau roadblog yang diadakan oleh idblognetwork di 7 kota besar telah usai. Blogilicious de Surabaya yang merupakan seminar dan semi workshop yang dibuka untuk umum ini, telah meninggalkan banyak kenangan dan pengalaman yang berharga bagi kita semua. Kita dapat bertemu dengan teman-teman maya kita, kita dapat saling bertukar pikiran secara langsung serta yang tak kalah pentingnya yaitu kita mendapatkan bimbingan dalam nge-blog oleh tokoh-tokoh blogger ternama.

 

Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya

Tujuan Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya: Tip Blogging - Amril Taufik Gobel

Tujuan dari Blogilicious de Surabaya ini yaitu untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang Etika Blogging, SEO dan Google Panda Algorythm, Mobile Blogging, Blogpreuner, Blog Monetizing dan Social Media, melatih blogger supaya lebih handal dalam penulisan artikel, pengamanan blog dan design template yang menarik, serta memanfaat blog sebagai lahan bisnis yang terutama bagi Blogger yang memiliki konten berkualitas.

Blogilicious De Surabaya - Etika Ngeblog - Raden Ajeng N Purwaningsih

Peserta Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya yang diadakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran selama 2 hari, mendapat sambutan masyarakat umum dengan sangat antusias. Peserta yang hadir di Blogilicious de Surabaya ini sebanyak 320 peserta. Itu merupakan nilai yang melebihi dari 200 peserta yang direncanakan sebelumnya.

Peserta Blogilicious de Surabaya yang hadir terdiri dari 5 golongan. Golongan pertama, mahasiswa yang belum tahu sama sekali tentang blogging. Golongan kedua, mahasiswa yang mengenal blogging. Golongan ketika, peserta umum yang tidak tahu tentang blogging. Golongan keempat, peserta umum yang tahu tentang blogging. Golongan lima, para member idblognetwork. Dari 5 golongan tersebut kalau kupersempit lagi akan terbagi dua golongan, yaitu golongan yang tidak tahu blogging dan golongan yang tahu blogging.

Kelebihan & Kekurangan di Blogilicious de Surabaya

Melihat dari banyaknya peserta Blogilicious de Surabaya yang beraneka ragam di atas, tentu banyak kendala-kendala yang akan terjadi. Masih banyak kekurangan-kekurangan yang terjadi di sana-sini. Tapi secara umum kekurangan Blogilicious Surabaya tersebut dapat tertutupi dengan hiburan yang menarik disela-sela acara seminar dan semi workshop.

Kelebihan Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya: hiburan musik tradisional

Penyediaan tempat yang bagus, full AC dan tersediannya hotspot untuk Blogilicious de Surabaya terasa mengikis jauhnya lokasi dari pusat transportasi. Demikian juga dengan susunan acara blogilicious yang disajikan, terasa tidak monoton seminar dan semi workshop saja. Disela-sela seminar satu ke seminar berikutnya, disajikan berbagai hiburan seperti tari tradisional, nyanyian, sulap, serta atraksi musik tradisional yang sangat menarik. Dengan adanya hiburan tersebut, peserta dapat sedikit refreshing jadinya.

Kekurangan Blogilicious de Surabaya

Tiada gading yang tak retak. Dibalik kemulusan acara Blogilicious de Surabaya masih terdapat beberapa kekurangan yang terjadi. Kekurangan tersebut rata-rata dari penyajian materi.

Kalau kita lihat di atas, peserta Surabaya secara global terdiri dari peserta yang belum tahu tentang blogging dan peserta yang sudah tahu tentang blogging. Maka di sini diperlukan penyampaian materi yang dapat dimengerti dan diterima oleh kedua golongan peserta tersebut. Disinilah diperlukan kejelian para pembicara untuk membawakan materi tersebut agar tepat ke sasaran.

Pada golongan peserta yang belum tahu cara nge-blog, tidak akan mengerti jika diberi materi yang terlalu teknikal. Sedangkan peserta yang sudah tahu cara nge-blog juga akan terasa bosan jika diberikan materi yang terlalu dasar. Dengan waktu yang sedemikian singkat itu, penyampaian materi secara praktis dan mudah dalam penerapannyalah yang dibutuhkan oleh golongan tersebut.

Tema tentang Blogpreuner, Blog Monetizing, Social Media, pengamanan blog, design template dan SEO merupakan materi yang sangat sulit bagi orang awam. Maka diperlukan kelihaian pembicara supaya materi yang disampaikan tersebut dapat diterima secara gampang oleh peserta awam. Tapi bagi seorang blogger itu merupakan hal-hal yang harus ditunjukkan secara nyata, praktis dan bisa langsung diterapkan pada blog-blog mereka.

Hasil dan Harapan dari Blogilicious de Surabaya

Visi dari Blogilicious de Surabaya, yaitu mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang nantinya akan menjadi ujung tombak dari bagian “positive netizen” yakni Gerakan Positif  Blogging yang mewartakan hal-hal positif untuk Netizen (Internet Citizen/ Warga Digital) Indonesia dengan mengambil  SEMANGAT dan NILAI PATRIOTISME Anak Muda Indonesia dimana untuk saat ini BLOGGER juga merupakan salah satu ujung tombak pemberitaan dan pencitraan.

Dari visi diadakannya Blogilicious de Surabaya tersebut, seminar dan semi workshop yang diadakan oleh idblognetwork ini bisa menjadi salah satu sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Idblogilicious atau roadblog di 7 kota hendaknya dapat memberikan pengetahuan bagi generasi muda untuk lebih handal dalam penulisan artikel yang dilandasi dengan etika blogging, SEO, social media, pengamanan blog dan design template serta Blogpreuner dan Blog Monetizing yang mana nantinya nge-blog itu akan juga menjadi tambahan penghasilan yang bermanfaat bagi kita semua.

Blogilicious de Surabaya merupakan awal dari rangkaian event Idblogilicious atau roadblog di 7 kota. Kekurangan dan kelebihan yang ada di Blogilicious de Surabaya ini semoga akan menjadi contoh dari kota-kota lain nantinya serta idblogilicious selanjutnya.

Wassalam,

Blogilicious de Surabaya


Post Update :
Date : Thursday, July 24, 2014 - Kamis, 24 Juli 2014
Posted in: blog



Related posts "Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya":


37 Comments on "Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. Anas says:

    Keren mas…

    [Reply]

  2. Anas says:

    Ya memang begitulah adanya mas,, orang teknik dengan orang awam sangat susah untuk menjelaskan. Tapi keep semangat kang.. jangan putus asa,, aku yakin IBN menjadi semakin jaya..

    [Reply]

    ariefew Reply:

    di Surabaya ini acara perdana bro…
    kekurangan itu wajar terjadi…
    Tapi kelebihan di Surabaya ini perlu menjadi catatan sendiri bagi kita….
    Surabaya memang hebat kan…. 320 peserta !

    [Reply]

    Anas Reply:

    pesertae piro mas?? mosok sak mono?? wah, akeh sing mbolos iki..

    [Reply]

    ariefew Reply:

    yup… dikisaran segitu pesertanya…
    itu udah melebihi kuota yang ditentikan loh… yaitu 200 peserta…

    Rusa Reply:

    bener [eserta yg hadir emang lebih dari 300

    [Reply]

  3. Amiruddin says:

    nice Info bro, selamat buat SURABAYA, karena Blogliciousnya 2011. berjalan dengan SUKSES :D

    [Reply]

    ariefew Reply:

    secara umum sukses

    [Reply]

  4. Rusa says:

    kekurangan dan kelebihan pasti ada dalam segala hal
    dan mas Arief emang bisa melihat semuanya
    pasti mase orang pintar yo? semacam….

    *berlalu*

    [Reply]

    ariefew Reply:

    semua orang yang hadir di acara tsb, pasti merasakannya bro….

    [Reply]

  5. DIMAZM says:

    betul sih, memang tak ada yg sempurna, tapi mari kita sama-sama buat sempurna pak :)

    kira” penyajian materi yg bagus untuk umum+blogger gimana ya?.. memang kesannya cross banget. klo terlalu umum… bloggernya bosan.. kalau terlalu expert.. kasian yg umum.

    Salut dengan pak Arief yang sudah menjelaskan acara IBN disurabaya.. saya sudah bisa membayangkannya :)

    [Reply]

    ariefew Reply:

    memang sulit bro….

    kuambil contoh kasus pandangan peserta blogger:

    blogger, yang utama adalah blognya.
    jika pada materi social media, kita membutuhkan penerapan social media tersebut di blog kita.
    Apa artinya banya follower, banyak mempunyai social media jika kita tdk dapat buzzer ke blog.

    [Reply]

  6. ada-akbar.com says:

    Uda ga sabar. .nunggu yang di Jogja :D

    [Reply]

    ariefew Reply:

    kemarin 3 panitia Jogja juga hadir di Surabaya bro….

    [Reply]

  7. ardhiansyah says:

    semangat nge blog!! salam kenal dari saya mas, saya kemarin juga ikutan acara :)

    jangan lupa mampir di gubug saya ya? :)

    [Reply]

    ariefew Reply:

    salam kenal juga Mas…

    [Reply]

  8. sibair says:

    waw ini artikelnya bagus.. syarat akan pengetahuan buat pembaca yang belum tau mengenai idblogilicious mas…semoga sukses… :D

    [Reply]

    ariefew Reply:

    Blogiliciuous msih ada 6 kota lagi mas….

    [Reply]

  9. Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia says:

    jadi ngiri aku mas sama arek-arek suroboyo…ternyata kompak banget…acaranya juga kelihatan seru…semoga aja nanti acara dibandung ga kalah seru….

    [Reply]

    ariefew Reply:

    semoga dengan artikelku ini, di Bandung akan lebih meriah lagi bos….

    [Reply]

  10. Wido says:

    Mohon maaf bro aq ndak bisa datang,…

    [Reply]

    ariefew Reply:

    Kemana aja bro…. kan udah ku beritahu sebelumnya…..

    [Reply]

  11. Arief Maulana says:

    soal kekurangan ini emang sangat disayangkan. Sampai memicu insiden kecil dengan Pak Sidharta.

    Seyogyanya para pembicara sudah mendapatkan gambaran bahwasanya kebanyakan peserta kemungkinan adalah mereka yang biasa memakai blog apa adanya tanpa fitur yang aneh-aneh.

    Sehingga metode penyampaiannya bisa lebih disederhanakan lagi sehingga tidak terlalu teknis banget.

    Salam Kenal mas :)

    [Reply]

    ariefew Reply:

    memang sangat sulit bagi pembicara untuk menerapkan ini semua….
    dari golongan2 peserta lebih baik diambil tengah2nya aja….

    [Reply]

  12. Fatmasnow says:

    Kalo menurutku sich ga 100% salah pembicara..tapi lebih pada kurang komukasinya antara moderator dengan panitia. Mungkin jika yang akan dibahas di sampaikan dulu sama Pak Moderator pasti ga bakalan bersitegang ceritanya. Moga kedepannya lebih global saja yang akan dibahas..

    [Reply]

    ariefew Reply:

    begitulah kira-kira Fat………

    [Reply]

  13. Blogilicious Na Makassar says:

    ikutan ke makassar gak mas?

    [Reply]

    ariefew Reply:

    gak ikut Mas….

    [Reply]

  14. Si ciung ngeblogs says:

    surabaya meriah yah,ampe melebihi kuota ckckkckc,… :) keliat kompaknya saluuutttt,..

    [Reply]

  15. Blogilicious Na Makassar says:

    baru baca ini. salutt

    [Reply]

    ipan Reply:

    silahkan di baca2

    [Reply]

  16. Priereeva says:

    Hi man.

    [Reply]

  17. Humanpast says:

    Kang Semoga menang yo!

    [Reply]

  18. Kang Salman says:

    Terima kasih mudah-mudahan bandung bisa lebih baik EO nya
    Terima kasih sudah berbagi

    [Reply]

  19. Bobby Prabawa says:

    Wow, liputan yang lengkap. Salam kenal ya Rif..:D

    [Reply]

    ariefew Reply:

    salam kenal juga mas….

    [Reply]

  20. sukague.com says:

    sepertinya seru sekali ya :)

    [Reply]

Post a Comment


5 + = 9